• Follow Us On : 
Babinsa Bersihkan Gulma Padi Petani di Tanjung Beringin, Dandim 0205/TK: Tingkatkan Ketahanan Pangan Sertu Sarwan tengah serius membersihkan gulma tanaman padi milik petani Desa Tanjung Beringin, Jumat (22/3/2019). Foto:KS

Kabar Desa

Babinsa Bersihkan Gulma Padi Petani di Tanjung Beringin, Dandim 0205/TK: Tingkatkan Ketahanan Pangan

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:40:20 WIB
Dibaca: 1738 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 06/Munthe, Sertu Sarwan membantu petani membersihkan gulma tanaman padi seluas satu (1) hektare di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Munthe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Jumat (22/3/2019).

Demikian disampaikan Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE., kepada www.petunjuk7.com, mengatakan, guna menciptakan ketahanan pangan di wilayah binaan, Babinsa melaksanakan pendampingan kepada para petani padi dengan terjun ke sawah untuk membantu membersihkan gulma.

“Ini adalah bagian dari menyukseskan hasil tanam padi bagi masyarakat petani di Desa Tanjung Beringin ,” katanya.

Dilahan sawah seluas satu hektare, jelasnya, tanaman padi baru memasuki umur 8 minggu atau 2 bulan tersebut merupakan milik Hariadi Sinuraya tergabung dalam Kelompok Tani Selang.

“Selain melaksanakan penyuluhan pertanian, Serda Sarwan turut pula membantu petani membersihkan hama tanaman liar atau gulma, karena gulma ini sangat mengganggu dan mempengaruhi tumbuhnya tanaman padi yang akan berpengaruh terhadap hasil panen padi,” papar Dandim 0205/TK.

Berbekal dengan peralatan yang sederhana, lanjutnya, Sertu Sarwan dengan Petani Hariadi Sinuraya membersihkan tanaman liar  yang dapat menghambat nutrisi bagi tanaman padi tentu harus mendapatkan perhatian dalam pemeliharaannya.

“Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional khususnya di Kabuoaten Karo  ini, Babinsa Sertu Sarwan  juga tidak henti-hentinya selalu membantu para petani dalam pengelolaan sawah dan melaksanakan pemantauan pertumbuhan tanaman padi di sekitarnya,” tutur Dandim 0205/TK.

Sertu Sarwan, ungkapnya, selalu berkomunikasi dengan kelompok tani untuk mengakomodir keluhan para petani di sawah sehingga dapat langsung dikomunikasikan dengan baik dan selanjutnya disampaikan ke Dinas Pertanian dan pihak terkait.

“Kegiatan pendampingan pertanian oleh Sertu Sarwan  telah mendapatkan respon yang positif dari kelompok tani, karena melalui Babinsa para kelompok tani memperoleh bantuan pinjaman alat pertanian sekaligus bantuan pupuk yang didukung dari Dinas Pertanian untuk menyukseskan swasembada pangan,” tutup Dandim 0205/TK. (KS).


 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER