• Follow Us On : 
Wabup Karo Hadiri Peletakan Batu Pertama Gapura Kerukunan Umat Beragama Lorong Ikuten Vanleith Foto:KS

Wabup Karo Hadiri Peletakan Batu Pertama Gapura Kerukunan Umat Beragama Lorong Ikuten Vanleith

Selasa, 05 Maret 2019 - 19:28:13 WIB
Dibaca: 1770 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, menghadiri acara peletakan batu pertama Gapura Kerukunan Antar Umat Beragama Lorong Ikuten Vanleith di Kelurahan Gundaling I, Kecamatan Berastagi, bertempat di Lorong Ikuten Berastagi,
Selasa (5/3/2019).

Wakil Bupati Karo dalam kata sambutannya, sangat mengapresiasi dan bangga atas pembangunan Gapura lintas Agama ini.

"Yang pertama sekali saya ucapkan banyak terima kasih kepada panitia yang membuat terobosan ini. Jadi, kita harapkan desa atau kelurahan yang lainnya bisa mencontoh dan mengikuti hal apa yang dilakukan oleh warga Lorong Ikuten ini," imbau Cory Sebayang. 

"Sesuai yang disampaikan pak Pinem kepada saya, bahwa ini adalah swadaya warga. Maka secara pribadi saya juga akan membantu pembangunan ini. Secara pribadi bukan pemerintahan, saya dukung dan siap bantu. Dan kita sebentar lagi melaksanakan pesta demokrasi pemilu, maka mari kita sukseskan.
Walau beda agama, beda pilihan  tetap satu tujuan dan jangan gontok gontok kan," tegasnya. 

Ketua Panitia Abadi Pinem, mengatakan pembangunan Gapura ini di latar belakangi oleh adanya rumah Ibadah bergandengan yakni rumah ibadah Umat Islam , Kristen, Vihara Buddha yang satu satunya ada di Tanah Karo yang secara bergandengan.

"Bahkan satu dinding, yang menandakan kerukunan umat beragama yang selama berpuluh puluh tahun tetap hidup berdampingan rukun dan damai, " ujarnya . 

Perwakilan Umat Islam  Haji, R. Kumar di sela sela kegiatan menyampaikan pembangunan Gapura Lintas Agama ini nantinya di desain sedemikian rupa  sebagai contoh bukti kebersamaan

"Dan jangan hanya sebatas Gapura ini saja , namun kerukunan umat beragama harus lebih ditingkatkan, terlebih daerah kita ini adalah daerah wisata yang sangat kompleks, artinya keberagaman itu indah," ungkapnya. 

Untuk diketahui, bentuk gapura ini sesuai desain yang di tunjukkan oleh panitia pelaksana akan dibentuk dengan reliefnya bermotif budaya sesuai kearifan lokal dan menggambarkan tiga lambang keagamaan yaitu Islam, Kristen dan Buddha. 

Pantauan www.petunjuk.com  tampak hadir dalam pelaksanaan peletakan batu pertama ini diantaranya  Muspika Kecamatan Berastagi, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan para  Iu - ibu lanjut usia serta warga Lorong Ikuten Berastagi. (KS).







Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER