• Follow Us On : 
Kondisi Terkini: Gunung Sinabung Level 4 Masih Awas, Warga Diimbau Tidak Dekati Sungai Laborus Tampak TNI dan Polri memantau aliran sungai Laborus. Foto:KS.

Kondisi Terkini: Gunung Sinabung Level 4 Masih Awas, Warga Diimbau Tidak Dekati Sungai Laborus

Kamis, 13 Desember 2018 - 23:17:31 WIB
Dibaca: 1619 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang berada di Desa Ndokum Siroga, Kabupaten Karo menghimbau warga yang beraktivitas diseputaran kawasaan zona merah gunung Sinabung supaya tetap meningkatkan kewaspadaan.

Apalagi, terhadap aliran sungai Laborus karena faktor curah hujah masih tinggi.

"Betul Pak. Situasi di puncak gunung Sinabung terus terjadi pengguyuran. Dan pantauan ke gunung pun pada saat ini masih ditutupi kabut. Pandangan asap dari kawah pun tak teramati. Bahkan gempa - gempa kecil pun selalu terjadi," ungkap Koordinator BMKG Kabupaten Karo di Desa Ndokum Siroga kepada www.petunjuk7.com, Kamis (13/12/2018) yang dihubungi melalui via ponsel.

Armen menambahkan, mengimbau kepada masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar  tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 KM untuk sektor Utara - Barat , 4 KM untuk sektor Selatan - Barat, dalam jarak 7 KM untuk sektor Selatan - Tenggara, di dalam jarak 6 KM, untuk sektor Tenggara - Timur, dan didalam jarak 4 KM untuk sektor Utara - Timur gunung Sinabung.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai - sungai yang berhulu di gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar," ungkapnya.

"Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan. Karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol, tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar atau banjir bandang ke hilir," ungkapnya.

Ditempat terpisah Dansatgas Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE., saat dimintai tanggapanya terkait imbauan tersebut mengatakan, "saya selaku Dansatgas tetap memghimbau kepada warga yang beraktifitas di dekat zona merah agar tetap meningkatkan kewaspadaan karena curah hujan sangat tinggi," imbau
Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara ini kepada www.petunjuk7.com, Kamis (13/12/2018) melalui via ponsel.

"Apalagi di sepanjang aliran sungai Lauborus. Karena status gunung Sinabung sampai detik ini masih di level 4 atau masih awas. Walaupun kelihatan tenang, kita tidak bisa memprediksi gunung, " tandas Dandim Tanah Karo ini. (KS).


 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER