• Follow Us On : 
Perdana, Sekaligus Sambut HUT Kota Dumai: PJC Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Pelajar Foto bersama Kadisnakertrans Kota Dumai, narasumber dan peserta jurnalistik pelajar. Foto:Monitorriau.com

Perdana, Sekaligus Sambut HUT Kota Dumai: PJC Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Pelajar

Ahad, 22 April 2018 - 01:41:14 WIB
Dibaca: 1018 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Sempena menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Dumai yang ke-19, Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) Cabang Kota Dumai, bersama media online monitorriau.com dan riaupembaruan.com menggelar pelatihan jurnalistik tingkat pelajar pada Sabtu (21/04/2018) bertempat di kantor PJC Cabang Dumai, Jalan Teladan Jayamukti, Dumai. Pelatihan ini turut serta didukung oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai.

Tampak hadir mewakili Pemerintah Kota Dumai, Kepala Dinas Tegara Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, H.Suandi, SH.M.Hum, membuka kegiatan ini dengan resmi.

H Suandi dalam kata sambutannya mendukung atas terselenggaranya kegiatan pelatihan jurnalistik yang ditaja oleh PJC Dumai ini.

Selain itu, H.Suandi menyambut baik kehadiran PJC di Kota Dumai, karena sebagai lembaga pendidikan yang nantinya akan menghasilkan wartawan yang terlatih dan profesional.

"Hadirnya PJC di Kota Dumai tentunya bakal mampu menempa kemampuan dan skill individu guna memasuki dunia kerja nantinya. Kedepan kita bisa menjalin kerjasama dalam upaya pelatihan-pelatihan dan program keterampilan bagi masyarakat," katanya.

Ketua PWI Kota Dumai, Kambali yang turut hadir dalam kegiatan ini, mengataka, program seperti ini perlu digelar berkesinambungan guna memperkenalkan dasar-dasar ilmu jurnalistik agar diketahui para pelajar.

Sedangkan Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Pelajar, Rezi Andika Putra menjelaskan, pelatihan ini merupakan gelombang pertama (I) yang melibatkan tiga (II) sekolah yakni; SMA 2 Dumai, SMA YKPP Dumai dan SMA PGRI Dumai yang masing-masing mengirimkan 5 anak didiknya.

"Program ini kita gelar secara kontinyu, gelombang kedua kita akan undang 3 sekolah lainnya, begitu berikutnya sampai seluruh SMA/sederajat di Kota Dumai mengikuti pelatihan seperti ini," jelas Rezi yang juga Wakil Ketua PWI Kota Dumai ini.

Rezi mengaku merasa bangga kepada rekan-rekan sesama jurnalis yakni, Ganda Jaya Siregar, Cipto S Piliang dan Hendry Koeswoyo alias Toy Jepreter yang berhasil membawa lembaga PJC ini ke Kota Dumai untuk suatu misi besar demi pendidikan jurnalis.

 "Pusat PJC ada di Pekanbaru, milik wartawan senior Riau, Wahyudi El Panggabean. Lembaga ini sudah eksis lebih dari 10 tahun dan telah menghasilkan ratusan wartawan yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau. Saat ini PJC sudah ada di Dumai berkat usaha keras tiga abang-abang saya yang bertiga ini," ujarnya.

Antusiasme Peserta

Ada tiga sesi dalam penyampaian materi yang harus dijalani oleh peserta pelatihan jurnalistik tersebut:

Sesi pertama dengan materi pengenalan jurnalistik pelajar dan mewawancara/menulis Berita yang disampaikan oleh Cipto S Piliang, pemimpin redaksi media online monitorriau.com.

Tampak antusias dan bersemangat para peserta mengikuti sesi penyampaian materi ini. Pemateri menyampaikan apa yang dimaksud dengan junalistik pelajar, tentu pentingnya mengenal ilmu jurnalistik bagi pelajar, dan bagaimana teknik wawancara dan menulis berita.

Disela-sela penyampaian materi, Plt Kepala bagian Humas Dumai, Riski Kurniawan ikut memantau dan meninjau jalannya acara pelatihan jurnalistik pelajar ini.

Bahkan Riski sempat mengabadikan momen saat pelatihan sedang berlangsung.

Sesi kedua tak kalah seru, Hendry Koeswoyo alias Toy Jepreter menyampaikan materi tentang fotografi jurnalistik.

Dengan menampilkan sejumlah hasil karya foto miliknya pribadi, Toy yang juga merupakan fotografer profesional itu, berhasil menginspirasi peserta dalam menghasilkan karya foto yang baik dan menarik.

Sesi ketiga dalam pelatihan ini adalah pengenalan media online yang disampaikan owner serta pimpinan umum media online monitorriau.com, Ganda Jaya Siregar.

Ganda menyampaikan sejarah media online dan perkembangnanya. Selain itu juga disampaikan keunggulan media online serta karakteristiknya.

"Dalam materi ini saya berharap adik-adik dan peserta bisa memahami dan membedakan mana yang media sosial dan mana yang media online sebagai portal media yang memiliki fungsi sebagai media massa," ungkap Ganda yang juga Kepala perwakilan PJC Kota Dumai.

Pelatihan jurnalistik pelajar ini ditutup langsung oleh Ganda. Kemudian sebelum menutup kegiatan, dia berpesan kepada peserta yang sudah mengikuti kegiatan untuk tetap menjaga hubungan dan silaturrahmi dengan PJC Kota Dumai.

 "Artinya bagi adik-adik pelajar yang sudah mengikuti pelatihan seharian ini menjadi bagian dari keluarga besar PJC Dumai. Pintu kantor dan ruang pelatihan ini akan selalu terbuka bagi kalian yang ingin lebih mendalami ilmu jurnalistik ini," pinta Ganda dalam penutupan acara. 

Untuk diketahui, kehadiran PJC Cabang Dumai baru saja resmi dibentuk. Belum genap satu bulan, PJC Dumai kini membuat program - program terkait jurnalistik. Apalagi,  untuk kalangan pelajar, tentu supaya bermanfaat ditengah masyarakat luas.

Sumber:Monitorriau.com



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER