MENU TUTUP

Tim Gabungan Dari Polres Tanah Karo Bersama Dinas Kesehatan Sidak ke Apotek Dan Cek Obat Sirup

Rabu, 26 Oktober 2022 | 12:02:59 WIB Dibaca : 699 Kali
Tim Gabungan Dari Polres Tanah Karo Bersama Dinas Kesehatan Sidak ke Apotek Dan Cek Obat Sirup Tim Saat Sidak ke Apotek
Loading...

Petunjuk7.com Tim Gabungan Polres Tanah Karo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Kesehatan melakukan pengecekan ke sejumlah Apotek di Kecamatan Kabanjahe, Selasa(25/10/2020).

Pengecekan dilaksanakan pada 3 sampel Apotek di Kabanjahe yakni Apotek Vita Sari, Apotek Betesda dan Apotek Sari Gunung.

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk memantau dan memberikan sosialisasi/himbauan kepada Apotek terkait persediaan obatan obatan farmasi dalam bentuk cair/syrup yang diduga sebagai pemicu penyakit gagal ginjal anak.

Hadir dalam kegiatan Kepala Farmasi Dinkes Karo Kurniawan Tarigan , Kasat Reskrim AKP Johannes Marojahan Napitupulu SH MH , Kasat Intelkam AKP Narno , Kasat Binmas AKP Budianta , serta Personil Unit Tipidter Polres Tanah Karo.

Dalam pengecekan tersebut, petugas menghimbau kepada pihak Apotek, agar persediaan obat syrup yang dilarang, sementara peredarannya untuk tidak diperjual belikan lagi kepada masyarakat. Disarankan untuk menyimpannya atau dilakukan retur (pengembalian) ke Produsen Obat persediaan farmasinya. 

Dari hasil pemantauan di lapangan, sejumlah Apotek sudah mengindahkan imbauan pemerintah, yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Karo kepada pemilik Apotek, untuk tidak menjual obat sirup anak anak yang diduga berpotensi merusak ginjal tersebut.

Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, S.H, S.I.K, M.H, melalui Kasat Reskrim menjelaskan, Polres Tanah Karo siap bekerja sama dan mendampingi tim dalam meninjau obat sirup yang masih beredar di sejumlah apotek di Kabupaten Karo.

“Kita hanya sebatas mendampingi kerja tim. Sedangkan untuk pemeriksaan dan penentuan mengandung zat yang diduga merusak ginjal adalah tim medis dari Dinas Kesehatan yang ditunjuk untuk hal tersebut,” terangnya.

 

 

 SEKILAP

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

2

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

3

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

4

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat

5

Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Bupati Karo Cory S Sebayang: Kegiatan pembangunan yang dilandasi semangat saling asah, saling asih dan saling asuh