MENU TUTUP
Bumi Turang

Petunjuk KPU, Petugas KPPS Desa Semangat Terapkan Prokes Ketat ke Pemilih Saat Pencoblosan di TPS

Rabu, 09 Desember 2020 | 20:08:40 WIB Dibaca : 1395 Kali
Petunjuk KPU, Petugas KPPS Desa Semangat Terapkan Prokes Ketat ke Pemilih Saat Pencoblosan di TPS Petugas KPPS Desa Semangat saat berfoto bersama sebelum warga memulai pencoblosan, Rabu (19/12/2020). Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com -Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pemilihan kepala daerah (pilkada) Bupati Kabupaten Karo dan Wakil Kabupaten Karo mengatakatan, bahwa pihaknya menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat kepada setiap pemilih guna mencegah penyebaran Covid-19 di TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada saat pencoblosan.

"Setiap pemilih yang datang ke TPS wajib mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir yang sudah kita siapkan dan memakai masker. Selanjutnya mereka juga dicek suhu tubuh dan duduk menunggu giliran masuk ke dalam TPS untuk mencoblos tetap menjaga jarak sesuai standar protokol kesehatan Covid-19," kata Ketua KPPS di TPS 01, Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Andi Tarigan kepada wartawan, Rabu (9/12/2020).

Ia menjelaskan penerapan protokol kesehatan di TPS dilakukan sesuai petunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo guna mencegah penyebaran virus corona.

Karena itu, terangnya, pemilih yang datang ke TPS wajib memakai masker dan suhu tubuh mereka tidak lebih dari 37,2 derajat celsius.

Sehingga, tuturnya, warga yang tidak memakai masker saat datang ke TPS akan diberi masker oleh petugas KPPS sebelum masuk ke dalam bilik suara untuk menyalurkan hak politiknya.

"Kita pastikan semua pemilih di TPS 01, 02 dan 03 telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai imbauan dari KPU Kabupaten Karo. Hal ini dilakukan agar pilkada tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 di daerah ini," ujar Andi Tarigan.

Terkait 15 perlengkapan protokol kesehatan di TPS, Andi Tarigan mengatakan semuanya tersedia lengkap, seperti masker, sarung tangan plastik, sarung tangan karet, baju hazmat, hand sanitizer, serta alat pelindung muka dari plastik.

Sedangkan, Ketua KPU Kabupaten Karo Gemar Tarigan,  mengatakan, pencoblosan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karo di seluruh TPS yang ada di Kabupaten Karo ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai harapan.

Itu diketahui, sambungya, dari pantuan di lapangan, bahwa pelaksanaan pencoblosan di TPS berjalan lancar dan aman, serta penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan baik dan ketat.

"Kita keliling memantau pelaksanaan pencoblosan di TPS. Petugas KPPS sudah bekerja baik menerapkan protokol kesehatan ketat kepada pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya," kata Gemar kepada wartawan, Rabu (9/12/2020). (KS).


Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024