MENU TUTUP
Bumi Turang

Pemkab Karo Akan Beri Satu Orang Per Satu TPS ke Pedagang yang Jadi Korban Kebakaran di Berastagi

Rabu, 18 November 2020 | 20:37:42 WIB Dibaca : 1604 Kali
Pemkab Karo Akan Beri Satu Orang Per Satu TPS ke Pedagang yang Jadi Korban Kebakaran di Berastagi Bupati Kabupaten Karo, Terkelin Brahmana, SH., MH. dan Ketua DPRD Kabupaten Karo, Iriani Br Tarigan saat berdialog bersama para pedagang  Pajak Tingkat Berastagi, Rabu (18/11/2020). Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - Pasca kebakaran Pajak TingkatBerastagi, Bupati KabupatenKaro Terkelin, Brahmana, SH, MH kembali mengunjungi dan berkeliling di seputar lokasi bekas kebakaran tersebut.

Kedatangannya kesana guna memastikan aktivitas jual beli antara pedagang dan masyarakat apakah berjalan normal, sekaligus menyerap aspirasi pedagang.

Kemudian kedatanganya juga didampingi Ketua DPRD Kabupaten Karo, Iriani Br Tarigan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo, Edison Karo Karo, Kakan Satpol PP Kabupaten Karo, Hendrik Philemon Tariga.


Disana Bupati Kabupaten Karo mengajak berdialog perwakilan dari 535 orang pedagang, bertempat di kantor UPT Pajak Berastagi, Rabu (18/11/2020) Pukul 13 : 00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karo mengaku, aktivitas jual beli sudah berjalan normal.

"Namun dialog sesuai semangat kearifan lokal terus kita lakukan untuk menghasilkan keputusan yang terbaik bagi para pedagang," ucap Terkelin.

Dalam dialog tersebut, Polin Sihombing mewakili rekan - rekannya para pedagang di Pajak Tingkat Berastagi menyampaikan beberapa usulan, yakni tentang rencana pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di lokasi pajak lama Gang Merek supaya ditunda saja.

"Alasannya mengingat lokasi itu sepi dan pembeli tidak ada. Kedua, jika TPS dibangun, rencana pedagang sepakat jika direalisasikan dibangun di terminal Bus AKDP Berastagi, sedangkan terminal dipindahkan ke pajak lama Gang Merek, beber Polin.

Senada Polin Sihombing, Pedagang kios di Pajak Tingkat Berastagi, Ngawal Tarigan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo dalam pembagian TPS jika selesai dibangun, harus diberikan kepada pedagang persatu TPS saja.

“Perlu diketahui bahwa pedagang yang terdampak kebakaran berjumlah 535 orang. Ada yang memiliki kios lebih dari satu kios. Jadi, ini harus menjadi perhatian, supaya nanti dibelakang hari tidak ada keributan,” sebut Ngawal.

Untuk itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo, Edison Karo - karo menjelaskan, pihaknya akan menjalankan sesuai aturan yang ada.

“Sepengetahuan saya, tidak ada satu orang akan mendapatkan lebih dari satu TPS, walaupun kios mereka lebih dari satu,” ungkap Edison.

"Sesuai data yang kami miliki, 535 orang pedagang korban kebakaran sudah mengerucut menjadi 415 orang. Satu orang per satu TPS, dengan jumlah total TPS yang akan dibangun nantinya sebanyak 415 orang,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua DPRD Kabupaten Karo, Iriani Br Tarigan, menambahkan, usulan aspirasi dari para pedagang tetap diterima.

“Namun demikian berikan kami waktu sebentar, supaya besok di bawa ke dalam rapat DPRD Karo bersama OPD, TNI/Polri guna memutuskan yang terbaik bagi para pedagang,” kata Iriani. (KS). 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih