MENU TUTUP
Bumi Turang

Sosok Bob Sitepu, Aset Masyarakat Karo dan Kecintaan Rakyat Desa Padanya 

Senin, 19 Oktober 2020 | 12:48:55 WIB Dibaca : 2140 Kali
Sosok Bob Sitepu, Aset Masyarakat  Karo dan Kecintaan Rakyat Desa Padanya  Berbagai kegiatan Anggota DPR RI, Bob Andhika Mamana Sitepu di Kabupaten Karo. Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - "Bob Andika Mamana Sitepu ini adalah aset masyarakat dan Pemkab Karo, kita doakan dan jaga beliau. Karena harus kita akui, baru sekali ini daerah ini mendapat begitu banyak manfaat dari kehadiran seorang Anggota DPR - RI, " demikian kalimat bernada penegasan yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Karo, Nasib Sianturi saat memberikan kata sambutan pada silaturrahmi bersama lima puluh enam kepala desa penerima manfaat  dana aspirasi dari Anggota DPR -RI,  Fraksi PDI Perjuangan Bob Andika Mamana Sitepu,  pada Jumat (16/10/2020) bertempat  di Sibayak Internasional Hotel Berastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara. 

Lebih lanjut, Nasib Sianturi yang hadir didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karo, Edward Pontianus Sinulingga dan Kepala Dinas Perkim Kabupaten Karo, Paksa Tarigan menyebut ihwal pernyataannya itu ia dapatkan dari pengalamannya selama mengenal Bob Andika Mamana Sitepu.

Sambil memberanikan diri, Nasib menceritakan memilih cara "Anak Medan" buat menemui Bob yang duduk di Komisi V DPR-RI.

 Tujuannya sebutnya, haya satu, yakni mencari jalan keluar bagi proyek SPAM IKK Kabanjahe dan Merek serta pipanisasi Merek yang sudah gagal tender. 

"Saya terabas saja masuk ke kantornya Bob, saya cerita dan minta tolong. Cuma itu lagi ilmu yang bisa dipakai. Puji Tuhan , anggota dewan kita yang satu ini cepat respon dan mengontak mitra kerjanya di Kementrian PUPR," ujar Sianturi blak-blakan. 

Dan tidak hanya sekali itu, dalam perjalanannya, Bob sebut Nasib senantiasa memperhatikan kebutuhan masyarakat Karo melalui usulan Pemkab Karo ke Kementrian.

"Itulah yang sekali lagi saya sebut aset. Beliau cukup memperhatikan, dan terus saling bertukar informasi. Termasuk saat melakukan reses ke Karo," tambah Nasib. 

Dalam acara silaturrahmi bersama lima puluh enam Kepala Desa penerima manfaat aspirasi Bob Andika Mamana Sitepu diketahui sudah menyentuh sejumlah program.


Ada bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 855 unit. Patut disyukuri terdapat tambahan kuota dari yang sebelumnya hanya 652 unit.

Kemudian jaringan irigasi sebanyak 45 titik.Berikutnya jalan penghubung antar desa sebanyak 9 titik .

Selain itu, pada aspirasi juga terdapat bantuan embung dan dana stimulan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). 

Terpisah, Bob Sitepu selaku Anggota Komisi V DPR - RI juga memainkan peran strategisnya dalam hal membangun kemitraan konstruktif dengan Kementrian PUPR untuk ke Kabupaten Karo. 

Bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bob Sitepu memperjuangkan proyek SPAM IKK Merek dan Kabanjahe (sedang proses pengerjaan), pelebaran jalan Tiga Panah - Merek (sedang proses pengerjaan) dan jembatan gantung antar desa. 

Dengan seabrek kepedulian dan perjuangan tadi, para kepala di Kabupaten  Karo  asal sejumlah kecamatan, yakni Berastagi, Dolatrakyat, Merek, Barusjahe, Tigapanah, Kabanjahe, Simpangempat, Merdeka, Payung, Tiganderket, Kutabuluh, Munthe dan Tigabinanga pun mengakui besarnya manfaat kehadiran Bob Andika Mamana Sitepu sebagai Anggota DPR-RI. 

Misalnya, Kepala Desa Semangat,  Kecamatan Barusjahe, Eka Jaya Sitepu, mengatakan rasa terimakasihnya atas turunnya program dana aspirasi Bob Andika Mamana Sitepu.

"Kalau tidak ada Bob, mana mungkin jalan desa kami terbangun. Ini fakta, dan kami sudah sampaikan itu kepada masyarakat kami seluruhnya,"aku Eka. 

Begiti juga Kepala Desa Ujung Sampun  Kecamatan Dolatrayat.  Nesken Bukit juga menyatakan hal yang sama. Ia tak bisa menutupi rasa bangganya pada sosok Bob. Nesken hampir tak pernah melihat ada politisi yang cukup besar perhatiannya pada desa - desa di Karo. 

"Kami bersama desa lain di Kecamatan Dolatrayat sangat bangga dengan kegiatan nyata bang Bob, ini bagi kami membanggakan dan memberi pengaruh sosial dan ekonomi bagi masyarakat desa," terang Bukit. 

Kepala Desa Kutarayat Satar Ginting pun mengamini pernyataan semua koleganya sesama kepala desa. Ia bahkan tak bisa memungkiri kerja tulus Bob meskipun banyak rintangan ia hadapi. 

"Kami minta kepada Bob Andika Mamana  Sitepu untuk terus memberi semangat dan inspirasi bagi para kepala desa dan masyarakat desa. Hal ini menurutnya sangat jarang terjadi.  Kami para kepala desa tidak dijadikan objek oleh Bob. Tapi kami benar - benar dijadikan pemimpin yang memiliki kebanggaan di desa. Ini yang belum pernah kami temui dari orang lain,"t egasnya. 

Selain itu, seluruh kepala desa yang hadir juga menyatakan komitmen dan dukungannya kepada Bob Andika Mamana Sitepu. Bob mereka nilai mampu elegan dalam menyerap dan mengawal eksuksi program. 

"Siapa bilang beliau tidak pernah reses, justru dari reses formal dan banyak lagi pertemuan informal Bob banyak mendengar usulan yang kemudian dia jembatani dengan para ekskutor program," terang mereka. 

Mereka juga berharap agar Bob tetap mengayomi dan memperluas program aspirasinya ke Kabupaten Karo. 

Menyahuti besarnya harapan padanya, Bob Andika Mamana Sitepu dengan tenang menyebut sepanjang dirinya diberi kepercayaan oleh rakyat dan partainya, ia akan tetap berusaha memperbanyak kegiatan pembangunan infrastruktur kedepannya. 

Hal ini dianggap cukup penting agar Kabupaten Karo dapat mengejar ketertinggalan dari kabupaten kota lainnya di Sumatera Utara. 

"Jangan cerita kita maju kalau infrastruktur saja belum layak. Untuk itu, saya tegaskan bakal meningkatkan pengembangan pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa sebagai daya dukung lahirnya masyarakat ekonomi produktif," tandas Bob. (KS). 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum