MENU TUTUP
Bumi Turang

Gubsu Bagikan Sembako 3000 Paket ke Warga di Lereng Gunung Sinabung

Selasa, 18 Agustus 2020 | 22:32:26 WIB Dibaca : 1656 Kali
Gubsu Bagikan Sembako 3000 Paket ke Warga di Lereng Gunung Sinabung Gubsu, Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah dan Kapoldasu, Irjen Pol Drs Martuani Sormin saat melihat langsung stuasi lahan masyarakat di Desa Sukatepu, Selasa (18/8/2020) siang. Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - Gubernur Sumatra Utara (Gubsu), Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Irwansyah dan Kepala Polisi Daerah Sumatra Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Drs Martuani Sormin menyerahkan langsung bantuan sembako kepada warga yang terdampak akibat erupsi Gunung Sinabung.

Langkah ini setelah melihat langsung stuasi di lahan warga Desa Sukatepu, Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo, Selasa (18/8/2020).

Adapun bantuan yang di serahkan oleh petinggi di Sumatra Utara ini adalah sembako berjumlah 3000 paket, sarung berjumlah1000 pasang, obat tetes mata berjumlah 1000 botol, selimut berjumlah 120 lembar, perlengkapan bayi berjumlah 100 pasang, paket sandang berjumlah 500 pasang dan blower kipas lahan pertanian berjumlah 15 pasang .

"Kita harus sabar menghadapi cobaan ini. Bukan saudaraku saja yang menderita dalam menghadapi cobaan ini. Kita semua mengalaminya. Makanya tadi saya bersama Pangdam, Kapolda, Bupati Karo dan lainya langsung melihat kondisi saudara - saudaraku ke desa ini," kata Edy Rahmayadi kepada wartawan saat melihat kondisi warga di Desa Sukatepu, Kecamatan Namanteran. 

Waspada dan Jangan Panik

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Gunung Sinabung, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, S., Sos., yang juga menjabat Dandim 0205/Tanah Karo menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan jangan panik dalam menghadapi cobaan erupsi Gunung Sinabung.

"Jangan percaya isu - isu hoax, walaupun erupsi Gunung Sinabung terus terjadi. Statusnya sampai saat ini masih di level III ( siaga). Diminta kepada masyarakat khususnya tamu wisata agar jangan memasuki ke zona merah, khususnya di aliran sungai Lau Borus.  Karena tanggul yang berada di pinggang Gunung Sinabung itu bisa kapan saja pun jebol. Jadi, sekali lagi saya ingatkan, agar jangan memasuki ke zona merah yang sudah di tetapkan petugas," ucap Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto kepada wartawan di sela - kunjungan Gubsu tersebut.

Modifikasi Cuaca

Gubsu menyebutkan, akan membuat operasi teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan untuk membantu, terkhusus bagi para petani supaya abu vulkanik Gunung Sinabung yang menyelimuti lahan pertanian bisa berkurang dan bisa langsung digunakan.

Dalam pembuatan hujan buatan ini, lanjutnya, akan menghubungi pihak BNPB Pusat dan akan bekerja sama dengan pihak TNI AU Sumut.

“Nantinya akan disiapkan 2 buah pesawat Hercules milik TNI AU untuk pelaksanaan operasi hujan buatan ini,” ujar Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin pada kesempatan itu, memberikan paket sembako secara simbolis kepada masyarakat di empat (4) kecamatan yang terdampak Erupsi Sinabung antara lain Kecamatan Namanteran, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Berastagi dan Kecamatan Merdeka, yanga diterima oleh para Camat masing masing.

Tidak lupa Gubsu mengingatkan agar masyarakat terus menjaga kesehatan.
“Jangan lupa memakai masker dan jangan memasuki area zona merah di lingkaran Sinabung yang ditetapkan,” sebut Edy Rahmayadi. (KS).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih