MENU TUTUP

Pengungsi Gunung Sinabung, Ratusan Warga Beras Tepu Unjuk Rasa Tuntut Sewa Rumah

Jumat, 03 Mei 2019 | 18:15:59 WIB Dibaca : 1733 Kali
Pengungsi Gunung Sinabung, Ratusan Warga Beras Tepu Unjuk Rasa Tuntut Sewa Rumah Tampak ratusan pengungsi warga Desa Berastepu menduduki halaman Makam Pahlawan, Kota Kabanjahe, sejak pagi. Kemudian, sore ini menduduki Kantor Bupati Kabupaten Karo untuk menuntut sewa rumah mereka, Jumat (3/5/2019). Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - Ratusan pengungsi berasal warga Desa Berastepu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, melakukan aksi unjuk rasa didepan Makam Pahlawan, Jalan Veteran, Kota Kabanjahe,
Jumat (3/5/2019 ) Puku 08:30 WIB. duduki 

Mereka datang kesana untuk menuntut janji Pemerintah Kabupaten Kabupaten Karo terkait pembayaran sewa rumah sebesar Rp 4.200.000 (empat juta dua ratus rupiah)/Kepala Keluarga (KK) selama setahun, yang pembayaran terakhir direalisasi pada tahun 2016 silam.

Menurut penanggungjawab aksi Normanson Batunanggar kepada wartawan, bahwa kedatangan mereka kesana untuk mengisi berkas pencairan sewa rumah tersebut.

"Sebanyak 515 KK, kami disini duduk untuk mengisi berkas pencairan sewa rumah senilai Rp 4.200.000/ tahun/ KK yang belum di bayarkan," ungkapnya.

"Terakhir kami terima sewa rumah pada tahun 2016, mulai tahun 2017 sampai sekarang sudah tahun 2019 belum di bayarkan oleh pihak BPBD yang menangangi hal tersebut. Padahal, pada tanggal 24 September 2018 lalu, kita sudah bertemu dengan Bupati serta jajaran di kantor Bupati untuk membahas hal tersebut, dan dalam pertemuan itu,  kita sudah ada buat surat perjanjian dengan Bupati Karo Terkelin Berahmana, SH., dan jajaranya bahwa sewa rumah akan di bayarkan di Maret 2019. Nyatanya sampai saat ini sudah bulan Mei 2019 belum juga di bayarkan," beber Normanson seraya melayani warga memberikan formulir pengisian berkas. 

Selanjutnya, kata Normanson, pada bulan Maret 2019 silam, saat ditanya soal sewa rumah kepada pihak BPBD Kabupaten Karo disebut "salah berkas."

"Semalam pas kami tanya melalui perwakilan jawaban pihak BPBD mengatakan: 'salah berkas'. Padahal, berkas yang kami siapkan sesuai dengan apa yang mereka minta," tutur Normanson.

Normanson mengungkapkan, pihaknya akan bermalam di halaman Makam Pahlawan apabila tuntutan warga tidak ditanggapi.

"Maka demi perjuangan untuk mendapatkan hak kami sesuai janji yang di tentukan, di halaman Makam Pahlawan ini kami akan selesaikan berkas yang diminta. Setelah selesai berkas ini, kami akan serahkan ke BPBD dan kami tunggu sampai Pukul 14:00 WIB. Kalau tidak cair juga maka kami akan bermalam di makam ini. Namun bila cair 50 orang saja maka kami akan pulang sebagai bentuk toleransi kami," kata Norman.

Seorang warga Desa Beras Tepu yang bernama Aktif Br Milala (33) menyebutkan, bahwa pihak BPBD Kabupaten Karo datang dan menyampaikan ada pencairan pada Pukul 14:00 WIB.

"Semalam pihak BPBD mendatangi kami ke Desa Nangbelawan, katanya jam 14.00 WIB hari ini akan cair. Maka kalau tidak cair kami akan terus ke kantor Bupati untuk bermalam di pinggir jalan. Kami nginap disini. Karena peralatan masak seperti kuwali dan piring sudah kami siapkan. Sudah cukup di bola - bolakan dengan umbar janji- janji palsu," kata Aktif.

Sedangkan, Kepala Desa Berastepu Gemuk Sitepu mengaku akan mendampingi warganya terkait tuntutan tersebut.

"Saya akan tetap disini mendampingi warga saya sampai ada kejelasan dan pencairan sewa rumah mereka," kata Gemuk.

Terpisah Kalak BPBD Kabupaten Karo Martin Sitepu saat dimintai tanggapannya melalui pesat elektronik WhatApps mengatakan, "lengkap berkas diajukan ke DPKAD. Karena anggaran di DPKAD, " kata Martin singkat.

Dalam aksi ini, tampak 100 orang personil Polres Tanah Karo di turunkan guna pengamanan aksi di bawah kendali Kabag Ops Polres Tanah Karo, Kompol B Sembiring, Kepala Satpol PP Kabupaten. Selain itu, turut juga hadir Camat Simpang Empat bersama perwakilan pihak BPBD Kabupaten Karo untuk bernegosiasi dengan warga.


Laporan: KS

 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

2

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

3

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

4

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat

5

Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Bupati Karo Cory S Sebayang: Kegiatan pembangunan yang dilandasi semangat saling asah, saling asih dan saling asuh