MENU TUTUP

HMI MPO Pekanbaru Minta Kapolri Usut Tindakan Kekekesan Terhadap Kadernya di Jakarta

Sabtu, 26 Mei 2018 | 10:05:38 WIB Dibaca : 1959 Kali
HMI MPO Pekanbaru Minta Kapolri Usut Tindakan Kekekesan Terhadap Kadernya di Jakarta Aksi solidaritas HMI MPO ke Polda Riau, Jumat (26/3). Foto: P Rang Koto
Loading...

Petunjuk7.com - Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Pekanbaru, Provinsi Riau melakukan aksi solidaritas terkait terjadinya bentrokan antara mahasiswa dengan aparat oknum kepolisian yang terjadi tanggal 21 Mei 2018 di Jakarta saat aksi refleksi 20 tahun Reformasi. Dalam aksi tersebut sebanyak tujuh (7) mahasiswa jadi korban kekerasan aparat.

Aksi yang dilakukan HMI MPO Cabang Pekanbaru itu dengan menyampaikan orasi oleh perwakilan dari seluruh komisariat di lingkungan HMI Cabang Pekanbaru dan oleh para peserta aksi.

Pembentangan spanduk besar yang bertuliskan; "HMI (MPO) Cabang Pekanbaru Mengutuk Tindakan Represif Polri," serta penyampaian orasi agar segera ditangkap pelaku tindakan represif tersebut.

“Tindakan yang dilakukan oleh oknum polisi terhadap Kawan-kawan kami HMI (MPO) Cabang Jakarta ini sangat tidak berprikemanusiaan. Polisi yang seharusnya mengamankan, namun justru memicu kericuhan serta memukul dan menendang saudara-saudara kami HMI Jakarta pada aksi di depan istana tanggal 21 Mei lalu, ini menunjukkan Polisi tidak profesional,” terang korlap aksi, Haris Oky Adi Supinta saat menyampaikan orasi di Polda Riau, Jumat (25/5).

Menurutnya, Perkapolri Nomor 9 Tahun 2008 tidak dilakukan pada saat melakukan pengamanan aksi yang dilakukan tersebut.

“Aksi kami kali ini adalah sebagai bentuk solidaritas dan juga menyampaikan petisi yang kami bawa agar disampaikan oleh Bapak Kapolda Riau kepada Polri dengan harapan agar oknum tersebut segera ditindaki,” jelasnya.

Sementara itu, Formatur HMI MPO Cabang Pekanbaru, Dian Aksara menyatakan, tindakan yang dilakukan aparat kepolisian didepan istana tidak wajar, karena sampai melukai 7 aktifis HMI Cabang Jakarta pada tanggal 21 mei 2018 lalu.

"Maka, dari itu atas dasar Intruksi Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam dan atas dasar rasa persaudaraan kami melakukan aksi solidaritas dan menuntut kepada Kapolri agar masalah ini diusut tuntas dan kami menyampaikan melalui e-mail Polda Riau dan dikirim ke Mabespolri,” katanya.

Sebab itu, ia berharap dan  pihak kepolisian dapat mengusut tuntas dugaan tindakan kekerasan yang menimpa kader HMI MPO Cabang Jakarta.

“Kami juga meminta kepada para pimpinan kepolisian untuk meningkatkan sikap profesionalitas anggotanya demi mencegah terulang kembali kejadian tersebut,” tandasnya. (Pebri Rang Koto).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih