MENU TUTUP

Kapolda Papua : Ada 4 Daerah Paling Rawan di Pilkada Papua

Kamis, 25 Januari 2018 | 11:57:31 WIB Dibaca : 1930 Kali
Kapolda Papua : Ada 4 Daerah Paling Rawan di Pilkada Papua Ilustrasi. Foto: Pixabay.com
Loading...

Jakarta -- Berdasarkan analisis Polri, Papua menjadi salah satu dari lima daerah yang paling rawan konflik saat penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Polda Papua menyebutkan setidaknya terdapat empat lokasi yang dianggap paling rawan di provinsi terluas Indonesia itu.

"Beberapa daerah seperti Jayawijaya kemudian Kabupaten Puncak, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Paniai, itu termasuk daerah-daerah yang memiliki potensi kerawanan yang perlu kita antisipasi bersama," kata Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta Selatan, Kamis (25/1).

Mengantisipasi hal tersebut, Boy menyatakan, kepolisian telah berkomunikasi dengan penyelenggara serta meminta dukungan kepada para tokoh masyarakat, tokoh adat, dan kepala suku agar meminimalisasi gesekan. Selain itu, kepolisian bekerja sama dengan penyelenggara berupaya menanamkan kepada para pasangan calon agar siap menghadapi hasil apapun, menang atau kalah.

"Jadi kita proaktif buka jaringan komunikasi dengan mereka dan kita ikut sertakan tokoh-tokoh di sini tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat," kata Boy.

Boy juga berharap para elit politik dapat menjadi pihak-pihak yang memotori lahirnya proses Pilkada damai. Pasalnya, kecenderungan proses mobilisasi massa tidak lepas dari mereka yang terkait langsung. "Akan tetapi apabila paslon dan tim sukses melakukan provokasi, itu sangat dimungkinkan terjadinya benturan-benturan terjadi dalam masyarakat," ujarnya menambahkan.

Dalam kontestasi Pilkada Papua, Petahana Lukas Enembe akan mencalonkan diri didampingi Klemen Tinal. Pasangan tersebut akan ditantang oleh pasangan John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae.

Polri menentukan beberapa daerah yang disebut paling rawan terjadi konflik pada Pilkada 2018. Daerah tersebut di antaranya Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.


Sumber:Republika.co




Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

2

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

3

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

4

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat

5

Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Bupati Karo Cory S Sebayang: Kegiatan pembangunan yang dilandasi semangat saling asah, saling asih dan saling asuh