• Follow Us On : 
Alokasi ADD ke Pertanian, Pemdes Tiga Pancur Sosialisasikan Penggunaan Pupuk Tepat Guna Pemerintah Desa Tiga Pancur mengadakan sosialisasi penggunaan pupuk tepat guna kepada petani, Rabu (30/8). Foto:Sangap.S

Zona Merah Sinabung

Alokasi ADD ke Pertanian, Pemdes Tiga Pancur Sosialisasikan Penggunaan Pupuk Tepat Guna

Rabu, 30 Agustus 2017 - 13:37:18 WIB
Dibaca: 2031 kali 
Loading...

Sumatera Utara - Pemerintah Desa (Pemdes) Tiga Pancur, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara mengadakan sosialisasi kegunaan pupuk kepada para petani khususnya Desa Tiga Pancur, Rabu (30/8).

Dalam acara tersebut hadir Kepala Desa Tiga Pancur, Ndokum Siroga Sentosa Sitepu dampingi oleh Kepala Seksi DPMD Kecamatan Simpang Empat Darwin Ginting, UPT Pertanian Lukman Sitohang SP, PPL Tiga Pancur Raskami Br Perangin-angin SP, Ketua BPD Kenal Ginting ,Sekertaris Desa Tiga Pancur Muhammad Muiz Sitepu.

Kepala Desa Tiga Pancur Ndoku Siroga Sentosa Sitepu mengajak seluruh masyarakat, mengingat dengan diadakan sosialisasi tersebut supaya dalam menggunakan pupuk untuk tanaman selalu tepat guna dan berimbang.

"Desa Tiga Pancur dimana pada pencairan anggaran dana desa (ADD) tahun 2017 peruntukannya ke pupuk," ujar Kepala Desa Tiga Pancur kepada www.petunjuk7.com.

Ndoku Siroga menjelaskan tujuan sosialisasi tersebut tidak lain, untuk mensinkronkan manfaat ADD Desa Pintu Pancur yang saat ini dialokasikan ke pertanian.

Sebab, katanya dampak erupsi gunung Sinabung membuat ADD tidak dapat digunakan ke proyek fisik karena masuk zona merah.

"Karena desa kita masuk dalam zona merah, ini dampak erupsi Sinabung. Oleh sebap itu warga masih dalam pengungsian. Dan ADD dipergunakan untuk pembelian pupuk secara bertahap dalam duakali pencairan." Tandasnya.

Sedangkan UPT Pertanian Lukman Sitohang SP memaparkan tentang pengunaan pupuk yang berimbang.

Lukman menjelaskan, unsur yang ada didalam pupuk yang digunakan terdiri dari dua (2).

" Pupuk itu, ada organik dan pupuk kimia. Kita harus tahu bagaimana cara menabur pupuk yang semestinya," imbau Lukman.

Lukman menerangkan, jika menabur pupuk jenis tanaman tua terlebih dahulu membuat pengorekan lobang secara melingkar.

Sedangkan untuk tanaman muda lanjut Lukman, dilakukan penaburan pupuk di barengi dengan penutupan pupuk yang sudah ditabur.

"Karena jika tidak ditutup maka terjadi penguapan dan berakibat pemborosan bagi petani. Itulah pentingnya pemupukan terhadap tanaman. Karena unsur hara di dalam tanah sudah mulai berkurang," terang Lukman. (Sangap.S)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER