• Follow Us On : 
Peringatan!  Setelah Makan Langsung Menyikat Gigi Berbahaya Ilustrasi.

Peringatan! Setelah Makan Langsung Menyikat Gigi Berbahaya

Rabu, 02 Agustus 2017 - 20:19:23 WIB
Dibaca: 2152 kali 
Loading...

Usai konsumsi makanan, kebanyakan masyarakat, memilih untuk langsung menyikat giginya agar terasa bersih dan segar. Padahal, sikat gigi langsung usai makan berisiko membuat gigi sensitif dan terasa ngilu.

Banyak yang memilih untuk menyikat gigi setelah makan, agar napasnya terasa segar. Tapi, menyikat gigi langsung sehabis makan, memberi dampak buruk pada kesehatan gigi. Ini adalah sebuah peringatan dari dokter gigi.

"Jangan langsung sikat gigi sehabis makan. Saat habis makan, banyak tumpukan asam dan kandungan makanan lainnya di gigi, yang kalau langsung disikat, memicu penipisan enamel gigi," ujar drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio, Dokter gigi di Divine Dental Clinic, kepada VIVA.co.id.

Sifat asam pada makanan, malah memicu pengikisan pada lapisan-lapisan gigi. Sehingga, tidak jarang, gigi terasa sakit dan ngilu, di beberapa hari kemudian.

"Sebaiknya tunggu 30 menit usai makan, baru sikat gigi. Karena, paduan asam makanan dan pasta gigi, malah memicu lapisan gigi terkikis," ujarnya menjelaskan.

Menurutnya, waktu paling tepat untuk menyikat gigi yaitu usai sarapan, namun tunggu hingga 30 menit setelahnya. Selain itu, ia menyarankan agar menyikat gigi sebelum tidur di malam hari.

"Sikat gigi cukup dua kali saja, tidak perlu sering-sering. Waktu paling baik yaitu sikat gigi 30 menit usai sarapan dan 30 menit usai makan malam atau menjelang tidur di malam hari.” (viva)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER