• Follow Us On : 
BMKG Pantau Aktivitas 13 Titik Api Kebakaran Lahan di Riau Foto:antara/tempo

Musim Kemarau

BMKG Pantau Aktivitas 13 Titik Api Kebakaran Lahan di Riau

Senin, 24 Juli 2017 - 17:25:56 WIB
Dibaca: 1881 kali 
Loading...

Pekanbaru - Musim kemarau yang melanda Riau beberapa waktu lalu mulai memunculkan sejumlah titik panas yang diindikasikan kebakaran lahan di sejumlah wilayah Riau. Satelit Tera dan Aqua memantau setidaknya ada 13 titik di enam daerah di Riau. 

"Titik panas terpantau pukul 06.00 pagi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru Otto Sukisno, Senin, 24 Juli 2017.

Sukisno mengatakan Rokan Hilir menjadi daerah terbanyak penyumbang titik panas sebanyak lima titik, Pelalawan tiga titik, disusul Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Dumai, masing-masing satu titik.

Satgas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Riau telah mengerahkan helikopter waterbombinguntuk melakukan pemadaman kebakaran lahan di sejumlah titik di Riau.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Mayor Sus Rizwar mengatakan satu unit helikopter pemadam Sikorsky telah beroperasi memadamkan kebakaran lahan di wilayah Lubuk Kembang Bungo, Palas, dan Siak Kecil. Mereka total melakukan 32 kali siraman (bombing) dengan kapasitas buket 4 ton air. "Untuk wilayah Palas, titik api sudah dapat dipadamkan oleh tim darat," ujar Sus.

Kemarin, titik panas juga terpantau di Sumatera Barat. Tercatat ada tiga titik yang diduga kebakaran lahan di Kabupaten Limapuluh Kota. (tempo)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER