• Follow Us On : 
Ada Gempa di Pulau Nias Saat Malam Takbiran Pengukuran amplitudo maksimal (amak) pada alat seismograf / ilustrasi kekuatan gempa. Foto:antara/tempo.co

Ada Gempa di Pulau Nias Saat Malam Takbiran

Ahad, 25 Juni 2017 - 09:52:55 WIB
Dibaca: 2018 kali 
Loading...

Jakarta - Gempa tektonik mengguncang Pulau Nias, Sumatera Utara, di bagian selatan dan sekitarnya, bertepatan dengan malam takbiran, Sabtu, 24 Juni 2017, pukul 22.34 WIB 08 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat dari gempa yang bermagnitudo 5,0 itu berada di laut namun tidak menghasilkan tsunami.

Pusat gempa terletak pada koordinat 98.11° BT dan 0.55° LU, pada kedalaman 10 kilometer. Jaraknya sekitar 35 kilometer tenggara Nias Selatan.

Berdasarkan analisa Badan Geologi, Bandung, gempa berkedalaman dangkal itu pusatnya berdekatan dengan Pulau Nias. Pulau itu pada umumnya disusun oleh batuan tua Oligosen hingga awal Pleistosen, dan sebagian kecil di wilayah pesisir barat dan timur Pulau Nias disusun oleh lapisan aluvium berumur kuarter holosen.

"Guncangan gempa akan terasa lebih kuat di daerah yang disusun oleh endapan aluvium, dan pelapukan batuan Tersier yang bersifat lepas dan tidak terkonsolidasi," kata Kepala Badan Geologi Ego Syahrial lewat keterangan tertulis, Sabtu, 24 Juni 2017. Sifat batuan tersebut memperkuat efek guncangan gempa.

Kejadian gempa tersebut berasosiasi dengan aktivitas penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di lokasi tersebut.

Gempa tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut. (tempo.co).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER