• Follow Us On : 
Penerimaan Peserta Didik Baru di Kecamatan Singkep dan Singkep Selatan Dibuka 29 Juni Ketua Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatah Singkep dan Singkep Selatan, Sahroni, S.,Pd. Foto: Jerry S.

Penerimaan Peserta Didik Baru di Kecamatan Singkep dan Singkep Selatan Dibuka 29 Juni

Rabu, 24 Juni 2020 - 07:35:46 WIB
Dibaca: 347 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang TK, SD dan SMP yang berada di wilayah kerja Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Singkep dan Singkep Selatan, akan dibuka pada tanggal 29 Juni mendatang.

Pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2020/2021 ini nantinya akan menggunakan dua sistem, yaitu online dan offline.

Untuk itu, Ketua Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatah Singkep dan Singkep Selatan, Sahroni, S.,Pd., kepada wartawan www.petunjuk7.com, Selasa (23/6/2020) siang, di ruang kerjanya, mengatakan, dalam pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2020/2021 ini, setiap satuan pedidikan yang berada di wilayah kerja Korwilcam Singkep dan Singkep Selatan tetap berpedoman pada Permendikbud No. 44 Tahun 2019, serta Perbup Kab. Lingga No. 25 tentang PPDB tahun pelajaran 2020/2021.

“Dalam proses penerimaan peserta didik baru tahun ini, nantinya setiap satuan pedidikan jenjang TK, SD, dan SMP yang ada, akan berpedoman dengan Permendikbud No. 44 tahun 2019 serta Perbup Kab. Lingga Nomor 25 tentang PPDB tahun pelajaran 2020/2021. Seperti dalam Permendikbud tersebut, PPDB dapat melalui jalur zonasi minimal 50%, jalur Afirmasi minimal 15 %, jalur perpindahan tugas orang tua maksimal 5% dan jika berlebih, pada tingkat SMP bisa digunakan untuk jalur prestasi,” kata Sahroni.

Dilanjutkannya, dalam PPDB tahun ini pihaknya juga berharap kepada jenjang satuan pendidikan agar benar -benar menjalankan aturan Permendikbud tersebut dengan baik, khususnya tentang jalur penerimaannya.

“Kami dari pihak Korwilcam Singkep dan Singkep Selatan sangat berharap setiap jenjang satuan pendidikan agar mengikuti aturan yang tertuang dalam Permendikbud tersebut. Khususnya pada jalur penerimaan zonasi, dan benar-benar diterapkan minimal 50%. Kita mencegah supaya tidak terjadinya penumpukkan peserta didik baru di sekolah-sekolah tertentu. Sementara nanti di sekolah lainya, malah ada yang kurang jumlah peserta didik barunya nanti. Jadi kita sangat tekankan ini, apalagi pada jenjang SD,” sebut Sahroni.

Di samping itu, Sahroni juga menyampaikan setiap satuan pendidikan yang melaksanakan PPDB di wilayah kerjanya agar mengikuti edaran Dinas Pendidikan terkait Perbup Kab. Lingga No. 25 tentang PPDB tahun pelajaran 2020/2021, yang mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid -19.

“Dalam surat edaran Dinas Pendidikan terkait Perbup No. 25 Kabupaten Lingga PPDB tersebut dijelaskan bagi satuan pendidikan untuk mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid -19. Salah satunya dengan memprioritaskan PPDB dengan sistim online bagi daerah yang memiliki fasilitas internetnya baik. Hal ini gunanya untuk mencegah terjadinya berkumpulnya massa. Tapi, jika ada kendala seperti jaringan internet dan lainnya, tetap diperbolehkan dengan sistem offline. Seperti untuk wilayah Kecamatan Singkep Selatan, karena siswanya tidak begitu ramai mungkin boleh digunakan kebijakan pihak satuan pendidikan yang mendatangi rumah calon peserta didiknya atau dengan sistem lainnya yang mengacu kepada pecegahan pengumpulan massa,” kata Sahroni.

“Tapi seandainya nanti jika ada Satuan Pendidikan di Kecamatan Singkep yang telah membuka dengan sistem online menambahkannya dengan sistem offline (langsung), tetap kita izinkan. Asalakan mereka mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Sahroni.

Pada tahun ini dijelaskan Sahroni kembali, di wilayah kerja Korwilcam Singkep dan Singkep Selatan, total satuan pendidikan yang akan melaksanakan PPDB ada 32 Satuan Pendidikan. “Untuk wilayah kerja Korwilcam Singkep dan Singkep Selatan sendiri nantinya akan ada 32 Satuan Pendidikan yang akan melaksanakan PPDB. Untuk jenjang TK ada 5, untuk jenjang SD/sederajat ada 21, sementara untuk jenang SMP/sederajat ada 6,” tutup Sahroni.  

 

Penulis: Jerry Syahputra.



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER