• Follow Us On : 
Dodi Sinuhaji: Tingkat Kesadaran Masyarakat Untuk Social and Physical Distancing Masih Rendah Aktivitas warga di Kota Kabanjahe masih tampak lalu - lalang. Meskipun pemerintah sudah membuat kebijakan untuk memutus 'mata rantai' Covid 19 dianjurkan untuk social/physical distancing, Senin (27/4/2020) siang. Foto:KS

Bumi Turang

Dodi Sinuhaji: Tingkat Kesadaran Masyarakat Untuk Social and Physical Distancing Masih Rendah

Senin, 27 April 2020 - 18:21:23 WIB
Dibaca: 1824 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Anggota DPRD Kabupaten Karo, Dodi Sinuhaji kepada wartawan, Senin (27/4/2020) sore menilai tingkat kepatuhan untuk menaati anjuran pemerintah terkait virus corona atau Covid 19 untuk menjaga jarak atau social/physical distancing di beberapa tempat masih rendah.

Mengingat, katanya, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara saat ini sedang gencar-gencarnya berupaya menjadi daerah steril terkait virus corona atau Covid-19.

Namun, ada kekhawatiran, tuturnya, masih masifnya penyebaran Covid 19 tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk mematuhi anjuran dari pemerintah tersebut.

Dodi menyimpulkan, bahwa selama ini gelisah melihat langsung di lapangan masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Karo .

Karena menurut Dodi, dari sisi perilaku warga, sangat sulit untuk menekan penyebaran virus ini apabila anjuran baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terkait soal social and physical distancing kurang dipatuhi oleh warga masyarakat.

“Sesuai surat edaran, saya tetap menghimbau dan terus menghimbau kepada warga masyarakat agar tetaplah ikuti anjuran pemerintah," ujar Anggota DPRD Kabupaten Karo ini.

Ia mengaku, di sejumlah wilayah terutama pusat perkotaan, masih banyak lalu-lalang warga seperti di Kota Kabanjahe maupun Berastagi.

"Masih banyak warga yang masih minim kesadarannya tentang bahaya Covid 19 Ini," kata Dodi.

Sehingga lanjut Anggota DPRD Kabupaten Karo ini, pihaknya sudah meminta ke aparat TNI - Polri, Dinas Kesehatan baik tingkat kecamatan maupun pemerintah desa untuk melaksanakan 8 check point di beberapa wilayah perbatasan.

"Yakni, diberlakukan cek kesehatan, hingga desa guna memantau lalu - lintas warga yang masuk Kabupaten Karo," tegas Dodi.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan langkah konstruktif, dan terukur dalam mensterilkan Kabupaten Karo dari virus corona.

"Termasuk menyiagakan pos pemeriksaan kesehatan bagi warga yang datang dari luar kota di setiap perbatasan wilayah untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid 19," ketus Dodi.

"Memang beberapa hari kemarin saya melihat Posko bersama tempat pemeriksaan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Karo sudah mendirikan, serta disiagakan petugas kesehatan dan instansi terkait dari BPBD, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Kecamatan, dan TNI/ Polri di perbatasan Kabupaten Karo yang disinyalir menjadi jalur masuk warga dari luar daerah,” tandas Anggota DPRD Kabupaten Karo ini. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER