• Follow Us On : 
Warga Serta Karang Taruna Kompak Bantu Pemdes Lingga Julu Semprot Disifektan Cegah Covid 19 Tampak, warga Desa Lingga Julu menyemprot disinfektan anti virus corona atau Covid 19 ditengah pemukiman mereka menggunakan pompa gendong yang biasa digunakan diladang, Rabu (25/3/2020). Foto:KS

Bumi Turang

Warga Serta Karang Taruna Kompak Bantu Pemdes Lingga Julu Semprot Disifektan Cegah Covid 19

Rabu, 25 Maret 2020 - 16:53:06 WIB
Dibaca: 194 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Salah satu upaya pencegah penyebaran virus Covid -19, Pemerintahan Desa (Pemdes) Lingga Julu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara yang dibantu oleh warganya serta Karang Taruna Desa Lingga Julu gotong royong melakukan penyemprotan disinfektan ke pemukiman yang saat ini kategorinya mulai padat penduduk, Selasa  (24/3/2020) dimulai Pukul 08 : 00 WIB hingga selesai.

“Ini kami lakukan atas inisiatif warga dan pemerintah desa. Walaupun, bahan untuk disinfektan tidak bisa kami dapatkan dipasaran, obat sejenis yang juga bisa membunuh kuman atau virus kami gunakan sebagai penggantinya untuk upaya pencegahan penularan virus covid 19," sebut Kepala Desa Lingga Julu, Pribadi Ginting didampingi warganya serta Karang Taruna saat ditemui wartawan melakukan penyemprotan disifektan, Rabu (25/3/2020).

Atas kegiatan tersebut, mendapat apresiasi penuh dari Ketua Badan   Pemusyawaratan Desa (BPD) Lingga Julu, Rianto Ginting.

"Salut dan bangga atas dilakukannya kegiatan ini yang tanpa direncanakan sebelumnya oleh pemerintah desa dan warga. Dalam hal ini, ternyata budaya gotong royong itu di desa kami masih sangat melekat, walau tanpa ada komando," kata Ketua BPD Lingga Julu, Rianto Ginting kepada wartawan.

"Namun, masyarakat antusias dalam upaya pencegahan virus berbahaya ini. Karena kalau kita menunggu dari pemerintah daerah dipastikan tak dapat segera mungkin datang, disamping peralatan milik Pemkab juga minim. Pemkab juga masih sibuk di tempat lain . Selagi  warga dapat berinisiatif sendiri, hal ini patut dan layak untuk di apresiasi," ungkapnya.

Sedangkan, Sekertaris Pemerintah Desa Lingga Julu, Saul Surbakti kepada wartawana, mengatakan, "efek dari penyebaran virus covid 19 ini sudah sangat membuat  warga desa was-was.

"Untuk itu kami dari pemerintah desa berinisiatif mengajak warga dan seluruh eleman masyarakat untuk melakukan bergotong royong. Dan puji Tuhan semua warga sangat antusias dan turut mendukung upaya ini," terangnya

"Sejak tadi malam, sudah kami lakukan sosialisasi kepada warga desa dengan mendatangi langsung keliling desa dengan menggunakan alat pengeras suara," kata Ketua Karang Taruna Desa Lingga Julu, Tanda Ginting kepada wartawan.

Ternyata, peran serta Karang Karuna Desa Liga Julu sebelum melakukan penyemprotan sudah disosialisasukan kepada warga.

"Dalam himbauan tersebut, masyarakat kami himbau agar menunda melakukan perjalanan ke luar daerah, menghadiri pesta pesta, sementara tidak menerima tamu dari luar daerah. Hindari bersalaman, dan jika ada anggota keluarga yang sakit disertai demam, batuk, sesak nafas segera melapor ke tim medis desa atau pemerintah desa, tetap jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, juga jangan langsung percaya dengan berita hoax yang belum pasti kebenarannya. Begitu juga terhadap warga, kami himbau agar tetap tenang dan jangan panik," beber ketua Karang Taruna Desa Lingga Julu ini.

Untuk diketahui, kegiatan ini melibatkan Pemerintahan Desa Lingga Julu, seluruh Perangkat Pemerintah Desa Lingga Julu, Karang Taruna, Kepala Dusun Desa Lingga Julu di Lingkungan 1,2 dan 3, unsur BPD Lingga Julu dan masyarakat Desa Lingga Julu.

Selain itu, tampak, alat yang digunakan pun cukup sederhana, yakni; menggunakan pompa gendong yang  biasa digunakan warga untuk sebagai alai bertani di ladang. Disinfektan dimasukkan kedalam tangki pompa gendong, kemudian disemprotkan ditengah pemukiman warga. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER