• Follow Us On : 
Cegah Penyebaran Covid 19: Besok Sekolah Libur Selama 2 Minggu, Ini Penjelasan Kadisdik Karo Siswa/i SD di salah satu sekolah di Kabupaten Karo, tengah pulang sekolah. Mereka sejak tanggal 20 Mei 2020 - 3 April 2020 akan libur sekolah. Kebijakan ini dikeluarkan pemerintah guna mencegah penyebarah wabah Covid 19, Kamis (19/3/2020). Foto:KS

Cegah Penyebaran Covid 19: Besok Sekolah Libur Selama 2 Minggu, Ini Penjelasan Kadisdik Karo

Kamis, 19 Maret 2020 - 18:05:40 WIB
Dibaca: 245 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo  mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan sekolah selama dua (2) minggu. Kebijakana itu berlaku terhitung sejak tanggal 20 Maret 2020 sampai 3 April 2020 mendatang.

Kebijakan itu juga dikeluarkan, atas meningkatnya kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona berjuluk Covid 19 yang semakin meluas di Indonesia,.

"Namun besok diminta kepada guru dan murid agar sekolah untuk mengambil tugas yang di kerjakan selama 2 minggu nanti dirumah masing - masing . Setelah mengambil tugas, para siswa sudah bisa langsung pulang ke rumah," demikian dikatakan Kepala Pendidikan (Kadis) Pendidikan Kabupaten Karo, Eddi Suryanta Surbakti menjawab wartawan, Kamis (19/3/2020).

Diterangkan Kadis Pendidikan Kabupaten Karo, bahwa Kebijakan Pemerintah Kabupaten Karo untuk menyahuti Keputusan.Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) nomor 7 tahun 2020 tentang gugusan tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2020 (Covid-19), sebagaimana telah disampaikan Presiden RI, Joko Widodo, pada Minggu kemarin.

“Sekarang sedang rapat, dan benar kita  meliburkan sekolah, sejak Sabtu tanggal 20/03/2020 sampai dengan 03/04/2020," jelas Eddi Suryanta.

“Kebijakan ini untuk menyikapi Kepres, bahwa setiap daerah harus mengantisipasi borona,” ketusnya.

Lanjutnya, siswa/i diharapkan dapat belajar di rumah masing-masing dan tidak berkeliaran di luar rumah.

"Jangan nanti mentang-mentang libur sekolah, di situ pula mengambil kesempatan untuk liburan," imbau Kadis Pendidikan Kabupaten Karo.

Tentang libur sekolah ini, kata Eddi Suryanta, sesuai intruksi Bupati Kabupaten Karo, Terkelin Brahmana SH dan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo akan mengeluarkan pengumuman resmi untuk disampaikan kepada sekolah-sekolah di seluruh Kabupaten Karo.

Kemudian, tuturnya, kebijakan libur sekolah tak hanya untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

"Tapi juga untuk sekolah di tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan pesantren," ujarnya.

Namun demikian, katanya, Dinas Pendidikan Kabupaten Karo belum bermaksud menunda pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

" Artinya, hingga saat ini, rencana UN tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal. Untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) UN akan digelar mulai Senin kemarin," ungkap Kadis Pendidikan Kabupaten Karo.

“Yang UN masih berjalan sampai saat ini. Karena itu kan, jumlah anak-anak yang dalam lokal itu kan sedikit ya,” jelasnya.

Kendati demikian, sambung Eddi Suryanta, pihaknya bersama Dinas Pendidikan Propinsi Sumatra Utara tetap melakukan pengawasan terhadap seluruh siswa yang mengikuti UN.

"Termasuk upaya pencegahan, seperti meminta cuci tangan, menjaga kebersihan dan kesehatan. Ini dilakukan agar tidak sampai virus corona menyebar di kalangan peserta UN," paparnya.

Ditambahkan Kadis Pendidikan Kabupaten Karo, soal pelaksanaan UN ini akan mendapat pengawasan.

"Tidak hanya dari sisi pengawasan pelaksanaan ujiannya, namun juga pengawasan dari sisi kesehatan. Jadi, nanti akan ada petugas kesehatan yang akan memantau pelaksanaan ujian tersebut," jelasnya.

"Setelah keluarnya imbauan libur sekolah, Pemerintah Kabupaten Karo memantau perkembangan terkait penyebaran virus corona di daerah Kabupaten Karo ini," tandas Eddi Suryanta.

Laporan:KS



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER