• Follow Us On : 
Hadapi Revolusi Industri 4.0, SMPN 2 Singkep Gelar In House Training Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, Drs. Junaidi Adjam memberikan kata sambutan saat pembukaan kegiatan IHT di SMPN 2 Singkep, Rabu (19/2/2020). Foto: Jerry S

Hadapi Revolusi Industri 4.0, SMPN 2 Singkep Gelar In House Training

Kamis, 20 Februari 2020 - 08:32:12 WIB
Dibaca: 2464 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Untuk meningkatkan kompetensi guru di era revolusi industri 4.0, pihak Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 (SMPN 2) Singkep menggelar kegiatan In House Training (IHT) pembuatan media pembelajaran dan soal berbasis online bagi tenaga pendidik di satuan pendidikannya, Rabu (19/2/2020) kemarin.

Kegiatan IHT yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga tersebut, juga dihadiri beberapa stakeholder lainnya seperti para pengawas SMPN Kabupaten Lingga, para komite sekolah, dan pakar Informasi Teknologi (IT) pendidikan yang diundang sebagai narasumber.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau, Drs. Junaidi Adjam, dalam kata sambutannya, menyampaikan apresiasinya kepada SMPN 2 Singkep yang sudah menyelenggarakannya, dan dinilai sebagai kegiatan positif.

"Kami dari Dinas Pendidikan tentunya memberikan apresiasi kepada SMP Negeri 2 Singkep yang telah menyelenggarakan kegiatan positif ini. Kegiatan IHT yang dilaksanakan ini, tentunya merupakan suatu terobosan yang ditunjukkan satuan pendidikan dalam menghadapi perkembangan global revolusi industri four Point Zero (4.0) yang telah membawa pendidikan kita ke arah digitalisasi," ujar Junaidi.

Selain itu, Junaidi juga menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan IHT ini, nantinya secara bertahap dan perlahan dirinya berharap setiap tenaga pendidik yang ada di SMPN 2 Singkep ini mampu mengimplementasikan e-learning tersebut ketika berada di dalam kelas.

"Mudah-mudahan dengan ilmu yang diperoleh dari pelaksanaan IHT ini dapat memotivasi para rekan guru dalam melakukan inovasi dan memanfaatkan fasilitas internet dan komputer yang tersedia. Kemudian nantinya secara bertahap mulai mengimplementasikan e-learning tersebut saat berada dalam kelas," jelas Junaidi.

Sedangkan, Kepala SMPN 2 Singkep, Drs. Effendi, saat diwawancarai www.petunjuk7.com, menjelaskan, bahwa kegiatan IHT pembuatan media pembelajaran dan soal online ini merupakan suatu trobosan atau action SMPN 2 Singkep yang sudah dirancang dalam upaya meningkatkan kompetensi gurunya dalam pemanfaatan teknolgi dalam pelaksanaan proses pembelajaran di ruangan belajar.

"Kegiatan IHT ini adalah bentuk terobosan ataupun action nyata kesiapan kami dalam mengahadapi segala perubuhan pendidikan di era global revolusi 4.0. Tentunya kegiatan ini nantinya diharapkan dapat mengubah mainset guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan IT dalam pembelajaran dikelas nantinya," papar Effendi.

Selain itu, Effendi juga menambahkan, kegiatan IHT yang digelar ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti sekitar 28 orang tenaga pendidik yang ada di SMPN 2 Singkep.

"Kegiatan IHT ini kami laksanakan selama dua hari mulai 19-20 Maret. Selanjutnya kegiatan ini dikuti 28 orang tenaga pendidik dari SMPN 2 Singkep ditambah 2 orang tenaga pendidik yang berasal dari SMP lain yang ada di Kecamatan Singkep dan Singkep Pesisir," ujar Effendi.

"Mudah-mudahan kegiatan IHT yang telah kami laksanakan ini dapat meningkatkan prestasi dan menghasilkan output mutu pendidikan yang lebih baik lagi," tutup Effendi.

Penulis : Jerry Syahputra



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER