• Follow Us On : 
Ricuh di Rutan Kabanjahe, Kakanwil Kemenhukham Sumut: Petugas Harus Jujur Beri Informasi Kakanwil Kemenkumham Propinsi Sumatera Utara Sutrisman saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (13/2/2020). Foto:KS

Ricuh di Rutan Kabanjahe, Kakanwil Kemenhukham Sumut: Petugas Harus Jujur Beri Informasi

Kamis, 13 Februari 2020 - 19:38:58 WIB
Dibaca: 1933 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Propinsi Sumatera Utara (Sumut), Sutrisman didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Propinsi Sumatera Utara, Mhd. Jahari Sitepu, memberikan pengarahan dan evaluasi kepada seluruh pegawai terkait peristiwa yang terjadi bertempat di rumah dinas Rutan Kabanjahe, Kamis (13/02/2020) pagi tadi.

Dalam arahannya tersebut, Sutrisman menegaskan, agar setiap pegawai yang sedang bertugas pada saat kejadian harus jujur mengungkap seluruh rangkaian peristiwa kepada pimpinan, sehingga pimpinan mendapatkan informasi yang valid terkait peristiwa tersebut untuk dapat dievaluasi dan dapat dilakukan perbaikan.

"Saya tekankan agar teman - teman disini jujur memberikan informasi yang valid. Jangan ditutupi, agar dapat dievaluasi dan diperbaiki," tegas Sutrisman.

Sutrisman juga menyampaikan agar petugas yang sedang bertugas pada saat kejadian harus semangat dan tidak merasa terpuruk.

Karena tuturnya, petugas harus berani memikul tanggungjawab atas konsekuensi dari apa yang telah terjadi. Sebab, hal ini bisa dijadikan pelajaran dalam memperbaiki sistem kerja pegawai.

"Bagi saudara yang bertugas kemarin, saya sampaikan tetap bersemangat dan tidak merasa terpuruk akibat kejadian ini. Berani memikul tanggungjawab," ketus Sutrisman.

Saat ini, situasi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabanjahe sudah berangsur kondusif. Tampak, para pegawai kembali memulai tugas membersihkan puing - puing sisa peristiwa kemarin.

Menindaklanjuti arahan Kakanwil Kemenhukham, sebelumnya, beberapa blok dan kamar yang masih bisa difungsikan sudah dibersihkan dan kinj kunci sudah terpasang dengan baik. Sarana dan prasarana MCK di Rutan sudah diperbaiki dan petugas PLN juga sudah mengaktifkan kembali instalasi listrik di Rutan.

Penyediaan dan pendistribusian logistik makanan dan minuman bagi narapidana dan tahanan tetap dilakukan. Namun, Rutan Kabanjahe belum dapat melayani kunjungan masyarakat.

Dikarenakan hanya beberapa blok dan kamar hunian yang masih layak difungsikan sedang dibersihkan. Saat ini para narapidana dan tahanan untuk sementara diamankan di beberapa Lapas dan Rutan disekitar Kabanjahe.

Untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui dimana keluarganya ditempatkan sementara, saat ini pihak Rutan Kabanjahe sudah menempelkan informasi daftar penempatan narapidana dan tahanan tersebut. (KS).



 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER