• Follow Us On : 
Kapolda Sumut Tegaskan Tidak Ada Lagi Perambahan Hutan dan Karhutla di Kawasan TNGL Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Martuani Sormin M.SI., Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R Hutajulu SIK, dan Ketua DPD Walantara Kabupaten Karo, Daris Kaban, Jumat (7/2/2020). Foto:KS

Kapolda Sumut Tegaskan Tidak Ada Lagi Perambahan Hutan dan Karhutla di Kawasan TNGL

Jumat, 07 Februari 2020 - 18:55:28 WIB
Dibaca: 2003 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Usai mengitari kawasan perbukitan hutan lindung menggunakan sepeda, tepatnya di perbatasan antara Kabupaten Karo-Kabupaten Langkat (Tugu Kuliki) rombongan tim gowes Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumatra Utara (Sumut), Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Martuani Sormin M.SI., menyempatkan istirahat di sebuah Cafe Amelia yang berjaraknya sekitar 300 meter dari Tugu Kuliki seraya menikmati kopi dan minuman lainnya.

Turut mendampingi Kapolda Sumut, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardhiaz Kusin Dwihananto, SIK.,M., Hum., dan Kapolres Tanah Karo AKBP Benni R Hutajulu S.Ik beserta rombongan tampak gowess sepeda gunung melintasi kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang merupakan jalan alternatif perbatasan Kabupaten Karo (Desa Telagah) dan Kabupaten Langkat. Jumat (07/2/2020).

Sambil menikmati secangkir kopi, Kapolda Sumut tampak berbincang hangat bersama Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Walantara Kabupaten Karo, Daris Kaban beserta pengurus Walantara Kabupaten Karo membahas terkait situasi hutan lindung kawasan TNGL di Jalan Jahe, Kabupaten Karo.

Tampak, arah pembahasan tersebut, terkait kawasan hutan lindung yang kini sudah banyak yang dirambah oleh oknum warga. Lantas Kapold Sumut menyangkan perambahan tersebut.

"Saya tegaskan tidak ada lagi kegiatan penebangan kayu dan pembakaran hutan (Karhutla) di kawasan hutan lindung. Dan jangan sungkan melaporkan ke pihak kepolisian apabila masih ada praktik ilegal loging maupun Karhutla sesuai arahan Bapak Presiden baru - baru ini  yang turut dihadiri seluruh Kepala Daerah di Jakarta," tegas Kapolda Sumut

"Kepada rekan - rekan yang tergabung di aktivis lingkungan DPD Walantara agar terus memantau keadaan hutan lindung ini, dan jangan sungkan - sungkan membuat laporan bila ada diketahui kegiatan merusak hutan di Tanah Karo," tegasnya.

Menyikapi perambahan hutan yang terjadi di kawasan TNGL, Kapolda Sumut berharap agar Pemerintah Kabupaten Karo (Pemkab Karo) dan jajaran Forkopimda untuk pro-aktif dalam menjaga dan merawat fungsi hutan

"Pemkab segera buat usulan agar kawasan hutan seperti kondisi sekarang ini direboisasi kembali. Karena, jika hal ini dibiarkan berlarut - larut di khawatirkan sewaktu - waktu dapat menimbulkan bencana," tutur Kapolda Sumut.

Dibawah guyuran hujan, setelah melepas lelah dan menikmati kopi, Kapolda Sumut beserta rombongan  meninggalkan Cafe Amelia, kemudian menuju arah Hotel Sinabung Hill Berastagi untuk makan siang bersama. Namun, karena ada kegiatan lain, rombongan Kapolda Sumut melanjutkan perjalan pulang menuju ke Kota Medan.

Untuk diketahui, gowes bareng tersebut, star pertama dari Pukul 5:30 WIB di Mako Polsek Singei, Kabupaten Langkat, dan tiba di Kabupaten Karo pada Pukul 11:00 WIB, yang diikuti oleh seluruh pejabat utama Polda Sumut, serta turut diikuti oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu, SIK. (KS).


 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER