• Follow Us On : 
DPW Walantara Sumut Tanam Ribuan Bibit Pohon di Objek Wisata Puncak Pelangkah Gading DPW Walantara Propinsi Sumut, Thomson A Hutahean saat melantik DPD Walantara Kabupaten Karo, Jumat (24/1/2020). Foto:KS

Bumi Turang

DPW Walantara Sumut Tanam Ribuan Bibit Pohon di Objek Wisata Puncak Pelangkah Gading

Jumat, 24 Januari 2020 - 11:56:00 WIB
Dibaca: 1720 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Wahana Lingkungan Alam Nusantara  (Walantara) Propinsi Sumatra Utara (Sumut) menggelar penanaman 5000 bibit pohon di kawasan objek wisata Puncak Pelangkah Gading, Desa Kutambaru, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Jumat (24/1/2020) sekitar Pukul 11.00 WIB.

Ketua DPW Walantara Sumut, Thomson A Hutahean, SH., dalam kata sambutannya, mengatakan, bahwa penghijauan, selain bermanfaat untuk kehidupan manusia, juga bermanfaat untuk aneka satwa dan menjaga kelestarian alam.

Hal tersebut dikarenakan, lanjutnya, tidak hanya manusia saja yang bergantung dengan tanaman, namun satwa pun juga bergantung terhadap tanaman tersebut. 

"Faktanya adalah jika ada hutan yang gundul akibat kebakaran hutan atau penebangan pohon di hutan secara liar satwa yang tinggal di hutan akan keluar dari hutan. Oleh sebab itulah penghijauan sangat penting digalakkan dan berkesinambungan," ungkap Thimson saat penanam pohon tersebut disaksikan ratusan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, anggota Pramuka.

"Pemahaman tentang betapa pentingnya mencintai lingkungan yang bersih dan lestari kepada para pelajar sejak usia dini sebagai bekal bagi generasi penerus bangsa," tuturnya.

Lantik Walantara Karo

Usai penanaman pohon, turut juga digelar acara pelantikan Dewan Pimpinan (DPD) Walantara Kabupaten Karo. Tampak, Ketua DPW Walantara Propinsi Sumut menyerahkan surat keputusan dan pataka sebagai bentuk keabsahan terbentuknya DPD Walantara di Kabupaten Karo.

Untuk itu, Ketua DPW Walantara Propinsu Sumut, Thomson A Hutahaean, SH., berharap DPD Walantara Karo dapat memberikan yang terbaik sekaligus mengontrol alam yang berada di wilayah Tanah Karo.

"Kita harapkan kepengurusan DPD Walantara Karo ini dapat membantu masyarakat, khususnya dalam bidang lingkungan. Dan bisa menjadi sosial kontrol untuk perhatikan kondisi alam dan lingkungan di Karo," pintanya.

Kemudian, Thomson juga menyampaikan kepada masyarakat, jika menemukan atau melihat kejanggalan atau kegiatan perusakan lingkungan ataupun pembuangan limbah sembarangan, dapat melaporkannya.

"Kita himbau kepada masyarakat jika melihat adanya pengerusakan lingkungan agar lapor kepada kami baik melalui facebook maupun telepon. Dalam 24 jam akan kita respon, karena ini adalah tugas kita membantu masyarakat," ungkapnya.

Sedangkan, Ketua DPD Walantara Karo, Daris Kaban, yang baru saja dilantik berharap kedepannya dapat menjadi tempat pengaduan masyarakat jika adanya perusakan lingkungan dan hutan.

"Kami sebagai pengurus yang baru berharap kedepannya, jika ada masyarakat yang melihat atau mendengar adanya pengerusakan lingkungan dan limbah, dapat melaporkannya kepada kami. Yang diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dari masyarakat yang terzolimi oleh perusahaan perusahan yang tak mengantongi Amdal dan lain lain," imbaunya.

Sebelum di laksanakan acara penanaman 5000 bibit pohon di kawasan wisata Puncak Pelangkah gading, DPD Walantara Propinsi Sumut secara simbolis mengukuhkan struktur kepengurusan DPD Walantara Kabupaten Karo yang telah terbentuk dan memberikan mandat/jabatan kepada Daris Kaban Sebagai  Ketua DPD Walantara Kabupaten Karo.

Kepala Desa Kuta Mbaru, Benyamin Sembiring mengapresiasi upaya DPW Walantara Sumut beserta jajarannya yang telah peduli dan memberikan perhatian ke Puncak Pelangkah Gading dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan di wilayahnya

"Terima kasih yang sebesar besarnya kepada DPW Walantara Sumut beserta jajaran atas perhatian dan kepedulianya ke desa kami. Khususnya ke lokasi wisata Puncak Pelangkah Gading. Pemberian bantuan 5000 bibit pohon ini akan kami rawat semaksimal mungkin dan kita berharap agar nantinya dapat bermanfaat kepada masyarakat setempat dan objek wisata  Puncak Pelangkah Gading dapat lebih dikenal masyarakat luas," ujar Benyamin seraya memberikan cendramata uis beka buluh (kain khas suku karo) kepada Ketua DPW Walantara Sumut

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut tampak dihadiri oleh Abel Tarawai Tarigan Kadis PMD Kabupaten Karo, Radius Tarigan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Karo, Sanusi Sembiring Camat Munthe, Kapolsek Munthe, Koramil 06/MT, ormas kepemudaan DPC PMS Kecamatan Kabanjahe, tokoh masyarakat dan ratusan pelajar dari mulai SD, SMP dan tingkat SMA berseragam Pramuka. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER