• Follow Us On : 
Warga Sebut Puskesmas Pembantu di Desa Rambah Tampu (Lau Baleng) Tidak Terawat Kondisi Pustu di Desa Rambah Tampu.Tampak, didepan Pustu tumbuh remputan, terkesan kurang terawat, Minggu (20/1/2020). Foto:KS

Bumi Turang

Warga Sebut Puskesmas Pembantu di Desa Rambah Tampu (Lau Baleng) Tidak Terawat

Ahad, 19 Januari 2020 - 09:33:29 WIB
Dibaca: 269 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pemerintah Kabupaten Karo saat ini terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Apalagi, soal pembangunan sarana infrastruktur penunjang yaitu; Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas ) dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di sejumlah wilayah Kabupaten Karo

Namun, sayangnya, dari sejumlah fasilitas yang disediakan oleh pemerintah melalui uang rakyat itu tidak sepenuhnya bisa dipergunakan secara layak oleh masyarakat dengan berbagai faktor masalah. Salah satunya, tidak maksimalnya petugas di Pustu-Pustu. Akibatnya, sarana penunjang itupun terkesan terbengkalai

Begitulah pemandangan di Pustu, Desa Rambah Tampu, Kecamatan Laubaleng, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara. Demikian pantauan wartawan, Minggu (202/1/2020).

Tampak, kondisinya terlihat tak terawat. Meskipun masih difungsikan. Kesan kumuh begitu kentara terlihat, selain dihalamannya sudah dipenuhi rerumputan juga kondisi disejumlah ruangan terlihat debu yang sangat ketara tidak pernah mendapatkan perawatan atau dibersihkan.

Menurut seorang warga Desa Rambah Tampu yang bernama Rohani Br Kaban  (43 tahun) ketika ditanya wartawan, Minggu (20/1/2020) yang saat itu sedang menunggu dibukanya Pustu tersebut tujuanya untuk berobat, mengatakan, bahwa Pustu merupakan salah satu pusat kesehatan terdekat bagi masyarakat desa sekitar yang sudah lama terbiarkan tidak terawat.

Ironisnya, lanjut Rohani, selain Bidan Desa (Bides) yang tidak tinggal menetap di Pustu itu juga kadang-kadang pelayanan di Pustu itu tidak maksimal dikarenakan petugas kadang datang telambat hingga Pukul 10:00 WIB.

”Seharusnya di Pustu ini ada yang stanby untuk lebih memudahkan masyarakat dalam berobat,” ungkap Rohani.

Menurutnya, Pustu tersebut memang beroperasi seperti biasa, meskipun kondisi bangunannya tidak terawat.

”Ya beginilah bangunan milik pemerintah selalu kurang perhatian, baik pelayanan maupun kebersihan tidak rapi pak,” sebut Rohani.

Terkait masalah itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Lau Baleng, dr Arjuna Ginting saat dimintai konfirmasinya melalui pesan elektronik WhatApps kepada wartawan, Minggu (20/1/2020) mengatakana, bahwaPpuskesmas Pembantu di Desa Rambah Tampu Kecamatan Laubaleng, masih dipergunakan .

"Puskesmas itu masih berfungsi , memang awal tahun 2020 itu kemarin, bidan desa tersebut sakit, tapi entah sakit apa belum tau juga saya. Inilah rencananya hari Senin besok akan saya jenguk ke rumah bidan desa tersebut untuk memastikan sakit apa bidan tersebut " kata dr Arjuna Ginting.



Laporan:KS



 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER