• Follow Us On : 
Cerita Kades Kempawa Soal Akses Jalan di Desanya Rusak Parah dan Kebutuhan Pertanian Kondisi terkini akses jalan Desa Kempawa yang rusak parah sepanjang 2 kilo meter, Kamis (9/1/2020). Foto:Sangap.S

Kabar Desa

Cerita Kades Kempawa Soal Akses Jalan di Desanya Rusak Parah dan Kebutuhan Pertanian

Kamis, 09 Januari 2020 - 21:37:33 WIB
Dibaca: 122 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Akses jalan sepanjang dua (2) kilo meter menuju ke Desa Kempawa, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, butuh perhatian serius dari instansi terkait untuk dilakukan perbaikan. Pasalnya, saat ini kondisinya rusak parah.

Demikian dikatakan Kepala Desa (Kades) Kempawa, Ardat Ginting didampingi Sekertaris Desa Kempawa, Alexander Tarigan kepada wartawan diruang kerjanya Kamis (9/1/2020).

"Sungguh memperihatinkan. Masih ada jalan sepanjang dua kilometer rusak parah. Jika hujan deras, maka kendaraan roda dua sulit untuk menempuh desa. Akibat jalan yang rusak parah. Kami sangat rugi karena biaya transport mahal," ungkapnya.

"Di desa kami ini kebanyakan warga bercocok tanam seperti menanam jagung, kemiri dan padi. Namun keluhan kami berupa jalan dan bantuan pertanian seperti bibit jagung yang di bantu Dinas Pertanian tahun yang lalu yang di usulkan jenis pioner p32, namun yang datang sejenis benih jagung bisi, dan kami himbau untuk tahun yang akan datang janganlah terulang seperti ini," pinta Kepala Desa Kempawa.

Selain masalah akses jalan, Kepala Desa Kempawa juga mengeluhkan soal kebutuhan pertanian

"Oleh sebab itu kami melalui media ini supaya apa yang kami usulkan, maka itu yang diberikan pemerintah. Begitu juga dengan pupuk subsidi di desa kami langka. Namun mengenai kartu tani masih dalam pendataan," ungkap Ardat Ginting.

Desa Kempawa, lanjut Ardat Ginting, ada 11 kelompok tani yang di rangkul oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) juga berperan aktif.

Selain itu, paparnya, Desa Kempawa terdiri dari tiga dusun antara lain Dusun Kempawa, Dusun Durian dan Dusun Kutanangka desa yang dari 280 kepala keluargq dengan jumlah jiwa 968.

Untuk itu, Ardat Ginting berharap kepada pemerintah supaya serius dalam memperhatikan desanya.

"Bupati Dairi juga telah sampai di kampung kami ini pada Oktober setelah dilantik jadi Bupati Dairi. Dan menurut Bupati pada 2020 akan di perbaiki sepanjang 500 meter," kata Kepala Desa Kempawa seraya menambahkan, bahwa dana desa di tahu 2019 terdiri dari 11 kegiatan terdiri dari pembukaan jalan parit beton dan rabat beton dan jalan pertanian, kemudian pemberdayaan peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa BUMDES di musyawah rencana pembangunan tahun 2020 untuk pembangunan Jambur di 2 Dusun yakni; Kutanangka dan Kempawa. (Sangap.S).


 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER