• Follow Us On : 
Kepala BNNK Karo Paparkan Bahaya Narkoba ke Generasi Muda di Desa Jaranguda Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Karo-karo bersama Camat Merdeka saat menggelar sosialisasi di Balai Desa Jaranguda, Senin (30/12/2019).

Bumi Turang

Kepala BNNK Karo Paparkan Bahaya Narkoba ke Generasi Muda di Desa Jaranguda

Senin, 30 Desember 2019 - 21:19:47 WIB
Dibaca: 1624 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pemerintahan Desa Jaranguda bekerjasama dengan pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNak) Karo menggelar penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba bagi generasi muda dan masyarakat, bertempat di Balai Desa Jaranguda, Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Senin (30/12/2019).

Penyuluhan tersebut merupakan kegiatan nonfisik yang mewujudkan kepedulian BNNK terhadap masyarakat akan ancaman bahaya narkoba.

Kegiatan nonfisik tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat Desa Jaranguda, Kecamatan Merdeka, para pemuda setempat yang antusias mengikuti penyuluhan tersebut.

Kepala BNNK Karo, AKBP Heppi Karo-karo menjelaskan tentang pengertian narkoba dan jenis-jenisnya serta dampak bahaya bagi para pemakaian narkoba.

“Tujuan sosialisasi bahaya narkoba ini adalah untuk menciptakan keluarga serta lingkungan yang bebas dari pengaruh narkoba," paparnya.

Ingat, kata AKBP Heppi Karo-karo, selain merugikan diri sendiri, saat ini sudah ada Undang-undang yang mengatur penyalahgunaan narkotika jenis apapun.

"Lebih baik dihindari, jangan sampai mendekatinya apalagi memakai dan menyebabkan ketergantungan," tuturnya.

"Saat ini sudah ada hukuman yang mengancam bagi siapapun penyalahguna narkoba. Sangat merugikan, sudah merusak masa depan, di belakangnya masih terancam pidana kurungan pula," katanya.

Dijelaskannya, bahwa dampak negatif yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda diantaranya, perubahan dalam sikap dan kepribadian.

"Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk dan malas. Serta tidak memperdulikan kesehatan. Bahkan bila sudah kecanduan akan melakukan tindak pidana untuk membeli narkoba," bebernya.

Selain itu, AKBP Heppi Karo-karo  menyampaikan, bahwa penanggulangan narkoba tidak hanya menjadi tangggung jawab BNNK atau pemerintah saja.

"Tanggung jawab ini milik semua pihak. Terutama peran orangtua dirumah, dan juga Guru sebagai orangtua disekolah," tuturnya.

Upaya yang lebih konkrit dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, sambungnya, dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak berwenang, yakni salah satunya dengan melakukan penyuluhan narkoba .

"Tak kalah penting adalah dengan memberikan pendidikan moral dan keagamaan, karena salah satu penyebab generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan," tandas Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Karo-karo. (KS).

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER