• Follow Us On : 
130 Orang Pembina Ikuti Kursus Metode Kepramukaan Kwarcab Kabupaten Lingga Tampak, para peserta menerima sertifikat usai penutupan KPMK Kwarcab Lingga, Minggu (15/12/2019). Foto:Jerry.S

130 Orang Pembina Ikuti Kursus Metode Kepramukaan Kwarcab Kabupaten Lingga

Ahad, 15 Desember 2019 - 18:51:49 WIB
Dibaca: 2097 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lingga di akhir tahun 2019, kembali menggelar Kursus Penerapan Metode Kepramukaan (KPMK) bagi pembina siaga, penggalang, dan penegak yang berasal dari seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) yang ada di Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan KPMK yang laksanakan di Dabo Singkep, dimulai pada tanggal 13 - 15 Desember 2019 diikuti sekitar 130 orang peserta yang terdiri dari pembina putra dan putri.

Menurut Ketua Kwarcab Lingga, Drs. Junaidi Adjam kepada www.petunjuk7.com, Minggu (15/12/2019) menjelaskan, bahwa kegiatan KPMK yang digelar ini tujuannya untuk meningkatkan kompetensi pembina, serta upaya untuk menyamakan presepsi pelaksanaan metode kepramukaan baik itu di tingkat Kwartir Ranting maupun di tingkat gugus depan.

"Jadi, jika selama ini terdapat perbedaan pelaksaan teknis motode kepramukan di tingkat Kwartir Ranting maupun di gugus depan, maka melalui kegiatan KPMK ini dapat kita benahi dan sergamkan sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada di kepramukaan itu sendiri," jelas Junaidi.

Ditambahkan Junaidi, kegiatan KPMK ini menggunakan beberapa teknik. Lanjutnya, mulai dari penjelasan materi kepramukaan dari para pelatih, praktjk atau simulasi di lapangan, hingga diskusi.

"Dimana dalam setiap sesi kegiatan tersebut, para pelatih dan peserta akan membahas mulai dari hambatan dan persoalan-persolan yang kerap timbul ketika mereka menjalankan tugasnya di tingkat kwartir ranting maupun di tingkat gugus depannya," ujar Junaidi.

"Kemudian dalam kesempatan ini, saya juga berharap kepada seluruh peserta, agar hasil yang diperoleh dari KPMK ini nantinya dapat diterapkan dan disampaikan kepada pembina - pembina lain yang ada di Kwarran dan Gudepnya masing-masing," Ujar Junaidi.

Menurut seorang peserta yang berasal dari Kwarran Bakung Serumpun, Kasman, SE., saat mengucapkan terimakasih karena diikutsertakan dalam kegiatan KPMK yang digelar Kwarcab Lingga tersebut.

"Dari kegiatan ini tentunya saya secara pribadi banyak mendapatkan informasi dan ilmu metode kepramukaan itu sendiri. Baik itu langsung dari pelatih, maupun hasil diskusi bersama pembina-pembina yang lain. Saya berharap kedepannya program seperti ini dapat terus dijalankan Kwarcab Lingga dalam upayanya meningkatkan dan mewujudkan mutu kepramukaan di Bunda Tanah Melayu ini," kata Kasman.

Laporan: Jerry.S



 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER