• Follow Us On : 
Kapoldasu Louncing Sejuta Pohon di Tongging, Bupati Karo Ajak Masyarakat Jaga Danau Toba Foto;Sangap.S

Kapoldasu Louncing Sejuta Pohon di Tongging, Bupati Karo Ajak Masyarakat Jaga Danau Toba

Selasa, 15 Oktober 2019 - 13:38:51 WIB
Dibaca: 1370 kali 
Loading...

Petunjuk7.com -  Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol Drs. Agus Andrianto SH MH menggelar launcing penanaman sejuta pohon di kawasan Danau Toba di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Sementara DPRD Sumut Drs. Baskami Ginting, anggota DPRD Sumut Sumihar Salmon Sagala SE, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu SIK serta jajaran perwira Polda Sumut.

Dalam kesempatan ini, Agus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian alam Danau Toba. Hal ini dimaksudkan agar keberadaan danau kebanggaan Sumut ini, akan terus memberikan konstribusi serta menunjang perekonomian bagi anak cucu bangsa kelak.

“Alam harus kita jaga, karena manusia tidak pernah terlepas dari alam. Perlu kita ingat, alam tidak pernah butuh manusia. Karena itu, kerusakan alam disekeliling kita yang ditimbulkan karena ulah manusia (yang mengeksploitasi alam), harus kita perbaiki kembali,” tutur Agus.

Sekaitan dengan hal itu, pihaknya menggugah hati para pengusaha yang selama ini melakukan kegiatan usaha di areal alam agar berkontribusi atas penanaman sejuta pohon ini. Pihaknya meminta pengusaha menyediakan bibit untuk ditanam di kawasan Danau Toba, supaya kelestarian danau vulkanik itu kembali terjaga.

“Kita tidak akan bisa memperbaiki alam, jika kita tidak melakukan upaya-upaya pelestarian dan menanami kembali kawasan yang telah dirusak atau dieksploitasi oleh ulah-ulah manusia. Untuk itu, seluruh masyarakat harus menjaga alam yang diwariskan kepada anak cucu bangsa,” ujar Agus.

Menurutnya, masyarakat seharusnya bangga memiliki Danau Toba yang memiliki keindahan yang luar biasa. Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi dari sektor pariwisata guna menunjang perekonomian masyarakat sekitar.

“Oleh karena itu, harus kita sambut dengan gegap gempita. Dimana, pemerintah pusat telah menjadikan Danau Toba sebagai super prioritas pembangunan industri pariwisata unggulan di Indonesia. Mari bersama-sama melestarikan Danau Toba,” ajaknya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang telah ikut mendukung program launcing penanaman sejuta pohon di kawasan Danau Toba Tongging. “Kami memilih Karo sebagai lokasi penanaman ini sebagai bentuk kecintaan kami terhadap Karo,” pungkasnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengaku bangga atas dipilihnya Karo sebagai lokasi launcing penanaman sejuta pohon oleh Kapolda Sumut. Ia menyebut, Kapolda Sumut telah kesekian kalinya berkunjung dan melakukan bakti sosial di Karo. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat ikut menjaga kelestarian Danau Toba.

Sementara, Dirkrimsus Polda Sumut Kombes Pol Rony Samtana Tarigan selaku panitia mengatakan, dari target sejuta pohon yang direncanakan, terkumpul 1.120.000 pohon bantuan dari berbagai perusahaan, terdiri dari bibit alpukat, mangga, jengkol, manggis dan lainnya. “Target kita, 10 tahun kedepan Danau Toba punya wajah baru,” harap Rony.

Berdasarkan amatan wartawan, di akhir acara, Kapolda Sumut, Ketua DPRD Sumut dan Bupati Karo menyerahkan bibit kepada perwakilan kepala desa se Kecamatan Merek untuk dilakukan penanaman pohon massal dengan melibatkan masyarakat dan TNI/Polri di areal perbukitan Desa Tongging. (Sangap.S)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER