• Follow Us On : 
HUT Pekanbaru Ke -235 : Mewujudkan Program Smart City yang Madani dan... Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.,SI., memotong kue tumpeng saat perayaan HUT Pekanbaru ke-235. Foto: SPC/Rudi Hermansyah

HUT Pekanbaru Ke -235 : Mewujudkan Program Smart City yang Madani dan...

Selasa, 25 Juni 2019 - 15:33:56 WIB
Dibaca: 51 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar acara puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang  ke-235 pada Senin tanggal 23 Juni 2019.  Acara peringatan tersebut diawali dengan apel yang berlansung di komplek perkantoran Pemko Pekanbaru, Kecamatan Tenayan Raya  dipimpin oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si.

Kemudian, upacara HUT Pekanbaru ke-235 yang bersamaan dengan  Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, seluruh  Pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pekanbaru, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat serta perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di Kota Pekanbaru.

Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi, dalam sambutannya  mengatakan, upacara ini digelar sebagai ucapan syukur kepada Tuhan.

"Dimana pada usianya yang sudah 235 tahun, kota Pekanbaru telah banyak menggalami kemajuan yang signifikan. Hal tersebut tidak terlepas dari kerja keras Pemerintah kota Pekanbaru dibawah kepepimpinan Walikota Pekanbaru, Dr.Firdaus, MT bersama seluruh stakeholder," tutur Ayat.

Ditegaskan Ayat, perjuangan dan kerja keras masih dibutuhkan seiring dengan visi dan misi Kota Pekanbaru yang harus diperhatikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah kota Pekanbaru.

" Yakni ; terwujudnya Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pusat pendidikan serta kebudayaan Melayu menuju masyarakat yang sejahtera berlandaskan iman dan taqwa. Hal ini seturut dengan tema yang diusung pada peringatan hari jadi Pekanbaru ke 235 tahun 2019 ini, yakni Pekanbaru The Capital City of Sumatera,' terang Ayat Cahyadi.

Walikota Pekabaru Firdaus ST, MT bersama OPD membersihkan Sungai Siak di hari sempena HUT Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. Foto:DSC/Rudi.H

Dijelaskan Ayat, visi dan misi kota Pekanbaru  tersebut tentunya telah dituangkan di dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pekanbaru tahun 2005-2025.  Dimana lanjutnya, visi RPJP ini muncul dimasa kepemimpinan Bapak Dr H Firdaus ST MT sebagai Walikota  dan Ayat Cahyadi sebagai Wakil Walikota yang memasuki periode kedua.

"Berdasarkan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pekanbaru, program pemerintah kota Pekanbaru yang sedang digalakkan adalah menjadikan Pekanbaru sebagai:Smart City yang Madani. Dalam hal tersebut ada beberapa indikator yang harus diperhatikan ASN dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," jelasnya.

"Salah satu indikator penting adalah, tentang kesehatan jasmani dan rohani masyarakat sebagai ciri khas masyarakat madani. Untuk mewujudkan hal itu, Pemko Pekanbaru telah membangun sarana prasarana kesehatan berupa Puskesmas, dan Rumah Sakit Pekanbaru," sebut Ayat.

Selain itu, sarana penunjang untuk menjadikan masyarakat Pekanbaru sehat rohani, Pemko Pekanbaru telah memiliki Mesjid Paripurna di tingkat Kelurahan dan Kecamatan seluruh kota Pekanbaru.

Kemudian, pembangunan sektor pendidikan juga menjadi prioritas utama. Melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pendidikan, Pemerintah kota Pekanbaru  telah membangun sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas sesuai kewajiban daerah, yakni tingkat pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT memotong kue sempena HUT Kota Pekanbaru, di Kecamatan Tampan Beberapa waktu lalu. Foto:DSC/Rudi.H

"Dalam mewujudkan Program Smart City, Pemko Pekanbaru berpedoman kepada enam pilar. Yakni, Smart Govermance (tata kelola pemerintah yang pintar), smart people (penduduk yang pintar), smart economy (ekonomi yang pintar), smart environment (lingkungan yang pintar), smart living (kehidupan yang pintar), dan smart mobility (mobilitas yang pintar),' ungkap Ayat.

Ayat mengaku hingga nanti berakhir kepemimpinan Firdaus-Ayat. Ada tiga hal penting yang harus diselesaikan. Antara lain, pembangunan infrastruktur jalan diseluruh jalan kecamatan dengan pengaspalan dan hotmix. Melanjutkan jalan lingkar luar dan penyelesaian pembangunan kawasan perkantoran Pemerintah kota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya.

Apalagi soal penanggulangan kemiskinan berbasis masyarakat terus digalakkan  dengan program PMBR-RW yang didukung oleh dana bantuan pemerintah pusat sebesar Rp30 miliar melalui dana alokasi umum untuk 83 keluruhan yang ada di Pekanbaru.

Sedangkan, Kepala Dinas PUPR Pekanbaru yang juga Plt. Kadis Kesehatan  Pekanbaru, Indra Pomi yang bertindak sebagai Komandan Upacara Perayaan HUT Pekanbaru ke-235 mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT Pekanbaru kali ini, Pemko Pekanbaru telah melaksanakan berbagai kagiatan.

" Mulai dari gotong royong bersama di berbagai titik, termasuk pembersihan tepian Sungai Siak," Indra Pomi.

"Selain gotong royong, juga dilaksanakan berbagai lomba, dan pada acara puncak hari ini, bagi peserta lomba yang berhasil menjadi juara, akan menerima hadiah yang telah disiapkan panitia," katanya. (SPC/Rudi Hermansyah/Adv).

 

 

 

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER