• Follow Us On : 
Joget Dangkong Meriahkan Berlangsungnya Halal Bihalal di Desa Kote Suasana halal bi Halal dan nostalgia Bedangkong yang merupakan kesenian tradisi yang sudah lama ada di Desa Kote, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (7/6/2019). Foto:Jerry.S

Joget Dangkong Meriahkan Berlangsungnya Halal Bihalal di Desa Kote

Sabtu, 08 Juni 2019 - 14:32:16 WIB
Dibaca: 110 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Sanggar Sri Mahkota yang berada di Desa Kote, pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H tahun ini, kembali menggelar acara Halal bi Halal dan nostalgia Bedangkong yang merupakan kesenian tradisi yang sudah lama ada di Desa Kote, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam acara Halal bi Halal yang digelar Jumat (07/6/2019), turut juga hadir beberapa tamu undangan seperti Camat Singkep Pesisir, Pjs. Kepala Desa Kote, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Komisoner KPU Lingga serta masyarakat Desa Kote.

Acara yang berlangsung ba'da isya ini juga di meriahi dengan Beberapa penampilan tarian tradisi joget dangkong mulai anak-anak, remaja, hingga penampilan musik kreasi dari para pemuda.

Tidak ketinggalan juga sajian makanan-makanan tradisional masyarakat Desa Kote seperti Lakse Kuah dan lainnya.

M.Taha Atan, yang merupakan sesepuh Tokoh Masyarakat Desa Kote, dalam sambutannya pada acara tersebut mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Kote untuk memanfaatkan acara Halal Bi Halal yang digelar ini sebagai malam untuk saling mempererat tali silahturhami serta hubungan persaudaraan antar sesama.

"Dalam kesempatan ini kami mengajak kepada kita semua untuk menjaga serta melestarikan kesenian tradisional yang sudah ada di kampung ini. Dalam melestarikan kebubadayan ini memang perlu kosistensi kita bersama - sama agar tardisi-tradisi yang ada tersebut tetap hidup mewarnai peradaban melayu di Desa Kote pada khususnya dan Kabupaten Lingga pada umumnya," ujar Taha.

Ditempat yang sama, Jasmat, selaku Camat Singkep Pesisir, dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh masyarakat dan tamu undangan yang hadir dapat memanfaatkan acara Halal bi Halal ini sebagai momen bermaafan dan menjaga kesucian hati.

"Halal bi Halal ini adalah dimana suatu acara yang dilaksanakan agar kita sama-sama saling menghalalkan dan memaafkan atas segala semua kesalahan yang pernah terjadi. Baik itu secara sengaja maupun tidak di sengaja. Maka di dalam momen pertemuan yang setahun sekali inilah dapat kita manfaatkan untuk kembali saling bertegur sapa saling bermaaf-maafan menjaga kesucian hati" ujar Jasmat.

Selain itu, dalam kesempatan kata sambutan tersebut Jasmat tidak lupa juga mengucapkan selamat Hari Raya kepada seluruh masyarakat Desa Kote serta permohonan maaf jika dirinya dan staf selama dalam menjalankan pemerintahan ada kekhilafan dan kesalahan yang tidak disadari.

"Pada kesempatan Halal bi Halal ini saya mewakili seluruh Staf Kecamatan Singkep Pesisir mengucapkan juga ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H serta mohon maaf lahir dan Batin kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Kote. Mungkin selama menjalankan pemerintahan ada tersirat kesalahan-kesahan yang tidak kami sadari sebelumnya kami mohon maafbyang sebesar-besarnya, " pinta Jasmat.

Sedangkan Firdaus, yang merupakan masyarakat Desa Kote yang sengaja pada tahun ini mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman, ketika diwawancarai Petunjuk7.com, mengatakan dirinya menyambut baik atas acara Halal bi Hahal yang digelar oleh Sanggar Sri Mahkota tersebut.

"Selain dapat dimanfaatkan sebagai momen bersilahturahmi bersama sahabat dan sanak saudara, dalam ini acara ini kami juga ikut terhibur atas penampilan joget dangkong dan musik kreasi qdari adik-adik kita tadi.Kemudian saya juga dapat menyantap makan tradisional yang sudah lama tidak ditemui semenjak diperantuan," jelas firdaus.

Penulis:Jerry.S




 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER