• Follow Us On : 
Jelang Lebaran, SMPN 2 Singkep Serahkan Zakat ke Anak Didik dan Tenaga Pendidik Kepala SMPN 2 Singkep, Drs. Effendi, Ketua Komite Singkep, Ardiansah, S.Pd., bersama anak didik yang menerima zakat dan Infak bertempat di halaman upacara SMPN 2, Sabtu (25/5/2019). Foto: Jerry.S

Jelang Lebaran, SMPN 2 Singkep Serahkan Zakat ke Anak Didik dan Tenaga Pendidik

Sabtu, 25 Mei 2019 - 19:52:11 WIB
Dibaca: 2132 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Menjelang libur lebaran Idul Fitri 1440 H, pihak Sekolah Menengah Negeri 2 (SMPN 2) Singkep, Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau pada tahun ini kembali menyerahkan zakat dan infak sedekah kepada enampuluh lima (65) orang peserta anak didik dan empat (4) orang tenaga pendidik, bertempat di halaman upacara SMPN 2 Singkep, Sabtu (25/5/2019).

Penyerahan zakat dan infak sedekah yang dilaksanakan Sabtu, (25/5) di halaman upacara ini merupakan program yang rutin dilaksanakan SMPN 2 Singkep setiap tahun menjelang datangnya Hari Raya Idul fitri.

Kepala SMPN 2 Singkep, Drs. Effendi, kepada www.petunjuk7.com, mengatakan, program pengumpulan hingga penyaluran zakat dan infak sedekah ini merupakan salah satu kegiatan keagaman dan sosial pihak sekolah yang akan terus dilestarikannya.

"Jika dicermati kegiatan ini hakikatnya merupakan aksi nyata seluruh warga sekolah dalam upaya menanamkan nilai kepedulian antar sesama tenaga kependidikan dan peserta didik. Selain itu, satu hal yang perlu kita garis bawahi bahwasannya kegiatan berzakat dan berinfak sedekah ini juga merupakan kewajiban bagi kita umat Islam yang mampu atau yang sudah masuk dalam keriteria wajib zakat," jelas Effendi.

Senada Kepala SMPN 2 Single, Wakil Kepala Kesiswaan dan Staf Pendidik Agama Islam di SMPN 2 Singkep, Ismawati S.,Ag, kepada www.petunjuk7.com, menyampaikan, bahwa zakat dan infak sedekah yang bersumber dari pembayaran zakat internal SMPN 2 Singkep

"Zakat dan infak yang diberikan ini sebenarnya berasal dari zakat profesi 2,5 % yang dikeluarkan PNS di SMPN 2 Singkep setiap bulannya. Kemudian, ditambah lagi dari hasil pengumpulan infak sedekah yang dikeluarkan peserta didik mulai dari awal Ramadan kemarin," terang Ismawati.

Selain itu, Ismawati menambahkan, tahun ini zakat profesi dan infak sedekah yang berhasil terkumpul di SMPN 2 Singkep berjumlah Rp 10.350.000,-.

"Alhamdulillah dengan jumlah ini akhirnya setelah dirincinkan masing - masing siswa dan tenaga kependidikan mendapatkan zakatnya sebesar Rp 150.000/orang," beber Ismawati.

"Peserta didik dan tenaga kependidikan yang menerima zakat ini juga sudah kami seleksi berdasarkan kategori layak penerima zakat. Ada yang bersatus yatim piatu, fakir miskin dan janda. Mudah-mudahan zakat yang diterima ini dapat sedikit membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan di Hari Raya Idul Fitri nanti," jelas Ismawati.

Sedangkan, Ketua Komite SMPN 2 Singkep, Ardiansah, S.Pd., yang turut hadir dalam acara penyerahan zakat dan infak sedakah tersebut kepada www.petunjuk7.com, mengatakan, selaku ketua komite dan sekaligus perwakilan wali murid SMPN 2 Singkep, mendukung kegiatan positif seperti penyerahan zakat dan infak sedekah bagi peserta didik dan beberapa tenaga kependidikan di SMPN 2 Singkep.

"Melalui program ini secara tidak langsung sekolah telah berhasil mengajak peserta didik untuk berinfak atau saling berbagi. Berikutnya uang infak yang terkumpul tersebut ternyata kembali disalurkan bagi peserta didik atau sahabatnya yang sangat membutuhkan. Kami berharapkan kedepannya program positif seperti ini dapat terus dilaksanakan," tandas Ardiansah.






 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER