• Follow Us On : 
Babinsa Bantu Petani Basmi Hama Ulat Tanaman Jagung di Desa Parinbun Saat Sertu P Barus bersama petani yang bernama Ponten Sitepu sedang mengecek hama ulat di tanaman jagung, Sabtu (24/5/2019). Foto:KS

Kabar Desa

Babinsa Bantu Petani Basmi Hama Ulat Tanaman Jagung di Desa Parinbun

Sabtu, 25 Mei 2019 - 18:01:51 WIB
Dibaca: 224 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 01/Barusjahe Sertu P Barus melaksanakan kegiatan pendampingan membantu petani jagung yang bernama Ponten Sitepu bergabung di Kelompok Tani “Bunga Cole," seluas 5000 meter di Desa Paribun, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Sabtu (25/5/2019).

Adapun pendampingan tersebut guna mengecek tanaman jagung yang diserang oleh hama ulat jagung.

”Lahan jagung seluas 5000 meter milik Pak Ponten untuk saat ini sedang mengalami gangguan hama yaitu ulat yang menyerang tanaman jagung. Ini akan mengakibatkan hal yang sangat fatal dan mengurangi kesuburan tanaman jagungnya. Bahkan, akan berdampak menurunnya hasil produksi jagung kedepannya nanti, “ demikian diungkapkan Sertu P Barus kepada www.petunjuk7.com.


Dijelaskannya, PPL, Babinsa dan Kelompok Tani mengadakan pengecekan langsung dilahan pertanian dan melaksanakan koordinasi dalam upaya untuk mengatasi penyerangan hama ulat jagung yang menyerang tanaman jagung saat ini.

"Ulat yang menyerang tanaman jagung sangat membuat para petani menjadi resah akan keberadaannya dan memang harus segera diatasi agar tidak terlalu menyebar kesemuanya tanaman jagung," tuturnya.

Untuk diketahui, PPL, Babinsa dan petani bersepakat untuk mengatasi hama ulat gagung dengan sistem penyemprotan racun hama yang nantinya akan dibimbingan langsung oleh PPL dan di dampingi Babinsa dalam pengaplikasiannya, tentunya dengan memilih racun hama yang cocok.

”Dengan adanya pendampingan PPL dan Babinsa langsung di lapangan, kami sangat mengucapkan terima kasih. Ini adalah suatu kerjasama yang sangat positif bagi kami dalam menjalankan pertanian khususnya di Desa Parinbun, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo ini," ka Ponten Sitepu kepada www.petunjuk7.com.

Ditempat terpisah, Danramil 01/Barusjahe, Kapten Inf K Ginting  kepada www.petunjuk7.com, menyampaikan, agar para Babinsa terus memantau kondisi pertanian terutama pada musim sekarang ini.

"Banyak petani yang menanam jagung dilahannya, dan bersama PPL, Babinsa juga harus cek and ricek langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan tanaman agar bisa cegah dini akan serangan hama dan lain sebagainya pada tanaman khususnya jagung yang sedang ditanam oleh petani saat ini," tandas Danramil 01/Barusjahe. (KS).




 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER