• Follow Us On : 
Hari ke 2 Latihan Posko I Kodim 0205/TK, Dandim: Metoda Latihan Taktis Tanpa Pasukan Dandim 0205/TK tengah mendengarkan serius pemaparan dari Passintel Kodim 0205/TK, pada Latihan Posko I di Kodim 0205/TK, Kamis (16/5/2019). Foto:KS

Hari ke 2 Latihan Posko I Kodim 0205/TK, Dandim: Metoda Latihan Taktis Tanpa Pasukan

Kamis, 16 Mei 2019 - 15:47:16 WIB
Dibaca: 1367 kali 
Loading...

Petunjuk.com - Memasuki hari kedua (2), penyelenggara Latihan  Posko I Kodim 0205/TK adalah Korem 023/Kawal Samudera (KS) dan pelaku  yang diperankan oleh Dandim 0205TK, Kasdim 0205/TK dan para Perwira  Staf Kodim 0205/TK, bertempat di Makodim 0205/TK, Kamis (16/5/2019).

Tampak, pelaku diberikan tugas untuk menanggulangi bencana alam gunung Sinabung, keadaan dan kejadian yang sambung - menyambung, sehingga setiap persoalan yang harus dipecahkan dan meminta keputusan, rencana, perintah dan tindakan.

Kemudian, situasi dikembangkan melalui para pengendali yang meneruskan semua persoalan secara bagian demi bagian.

Selanjutnya, komando atas, bawah dan samping diisi oleh pengendali.
Sedangkan wasit,  untuk menciptakan realisme dan memeriksa efesiensi kerja latihan posko.     

Dan, selama latihan berlangsung posko berada tetap di tempat dan bekerja dengan alat komunikasi tiruan atau yang disiapkan.  

Dalam skenario latihan ini di umpamakan akan terjadi bencana alam di wilayah Kodim 0205/TK yaitu gunung Sinabung dan berakibat banyak korban jiwa dan warga harus  diungsikan ke lokasi yang aman.

Setelah perwira staf menerima informasi tentang bencana alam gunung Sinabung, maka para perwira staf intelijen, operasi, personil, logistik dan teritorial melaksanakan paparan perkiraan yang akan terjadi dan cara bertindak yang akan dilaksanakan.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE mengatakan, latihan Posko I merupakan salah satu metoda latihan taktis tanpa pasukan untuk melatih para komandan dan staf.

"Dalam merencanakan operasi, menerapkan taktik dan teknik operasi, melaksanakan Olah Yudha, Kodal operasi serta menerapkan prosedur dan tata cara kerja yang berlaku disuatu Pos Komando," sebutnya. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER