• Follow Us On : 
Berada Ditengah Lumpur, Babinsa Dampingi Petani Tanam Padi di Desa Perbaji Tampak Sertu Suryanto sedang menanam padi milik petani yang bernama Serli Br Ginting, Selasa (14/5/2019). Foto: KS

Kabar Desa

Berada Ditengah Lumpur, Babinsa Dampingi Petani Tanam Padi di Desa Perbaji

Selasa, 14 Mei 2019 - 23:13:18 WIB
Dibaca: 1590 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Saat sinar matahari pagi belum beranjak menuju siang di Desa Perbaji, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Serda Suryanto, sudah berada ditengah sawah yang berlumpur milik petani yang bernama Serli Br Ginting 

Dengan setia anggota Koramil 05/Payung itu ikut menanam padi bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sabah Berneh, Selasa (14/05/2019).

Memang, bukan hanya sekali itu saja Serda Suryanto terjun ke areal persawahan . Di lain kesempatan, ia sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga membantu para petani lainnya menanam padi.

Serda Suryanto mengakui, dalam pendampingan petani untuk percepatan tanam selama ini belum ada kendala yang menonjol, sehingga pelaksanaan luas tambah tanam (LTT) selalu sesuai target permintaan.

“Kami membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk persiapan tanam padi, dan sawah di bajak dan di lakukan penyiapan bibit padi,” kata Serda Suryanto kepada www.petunjuk7.com.

Saat ini, lanjutnya, para petani yang bergabung di Kelompok Tani Sabah Berneh mulai membajak sawah. Apalagi, kondisi lahan mereka yang kink didukung oleh pengairan yang lancar.

Sehingga, untuk menggenjot produktifitas hasil panen, pihaknya sudah mengintruksikan agar dapat diupayakan untuk memperluas lahan, sehingga dapat mencapai target produksi.

"Petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo. Harapannya tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas tanaman," terang Danramil 05/Payung  Kapten Arh E Peranginangin kepada www.petunjuk7.com, Selasa (14/5/2019).

Dijelaskannya, pada program ketahanan pangan, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan.

“Tidak semua petani memahami dan setuju pola jajar legowo tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas pertanian,” katanya.

"Koramil 05/Payung bersama UPT Pertanian dan PPL Kecamatan Payung berupaya mengoptimalkan lahan guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Karo," ungkapnya.

Petani Desa Perbaji, Serli Br Ginting mengucapkan terima kasih karena lahannya dijadikan lokasi pendampingan dalam menanam padi. Ia berharap pendampingan Babinsa di lakukan secara berkesinambungan sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.

"Pendampingan penyuluh pertanian dan Babinsa kepada petani dirasakan cukup efektif meningkatkan hasil pertanian. Pendampingan ini di lakukan untuk mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan," ucapnya.

Senada Serka Br Ginting, Pengurus Kelompok Tani Tani Andre Pelawi mengatakan pendampingan Babinsa sangat membantu para petani setempat.

“Pendampingan ini sangat di rasakan manfaatnya para petani,” katanya. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER