• Follow Us On : 
Bupati Karo  - Kementrian PUPR: Akan Dibangun Toilet Standar Internasional di Tongging Foto:Sangap.S/rls

Bupati Karo - Kementrian PUPR: Akan Dibangun Toilet Standar Internasional di Tongging

Selasa, 30 April 2019 - 16:31:02 WIB
Dibaca: 1596 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana SH didampingi staf Balitbang Kementrian PUPR  M. P Diana Dewi, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Bartholomeus Barus SSTP, Camat Merek Tomi Heriko Sidabutar, meninjau lahan lokasi pembangunan toilet berstandar Internasional, (30/4/2019) Pukul 15:00 WIB di simpang puncak Sipisopiso Desa Pengambatan, Kecamatan Merek .

Menurut Terkelin Brahmana , peninjauan ini untuk memastikan ada tidak-nya lahan yang dapat diusulkan ke Balitbang Kementrian PUPR pusat, agar dibangun konstruksi sebuah toilet.


"Toilet ini, didesain bangunannya berstandar Internasional, sebab lokasinya berdekatan dengan objek parawisata Tongging sekitarnya, sehingga pemikiran kami layak diusulkan, sebagai lintasan parawisata, ” kata Terkelin Brahmana.

'Untuk itu, Pemkab Karo sangat setuju pembangunan Toilet ini, dan segera di tindaklanjuti oleh Bappeda dan parawisata agar segera siapkan adminitrasi syarat yang dibutuhkan oleh Balitbang Kementrian PUPR pusat, segala sesuatunya, ” jelas Bupati kembali.

Sementara Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi Msi mengatakan dalam rangka menarik wisatawan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Karo,' kita menggandeng Balitbang Kementrian PUPR untuk meminta pembangunan pada sarana dan prasarana penunjang objek wisata. Salah satunya adalah soal toilet yang baik, “ujarnya.

'Iya, dalam waktu dekat ini lahan yang kita tinjau tadi, sesuai instruksi Bupati, kita akan lengkapi baik surat keterangan tanah dari Kepala Desa setempat, sebab tanah ini adalah tanah desa, nanti kita lampirkan legalitasnya semua , begitu juga alasan pembangunan Toilet ini, yang jelas karena daerah objek lintasan destinasi parawisata, ” ungkap Sianturi .

Sedangkan Kabid Pengembangan Pemasaran Parawisata Bartholomeus Barus menjelaskan, 'minggu depan kita akan ajukan surat melalui Bupati Karo ke Balitbang Kementrian PUPR, untuk meminta prinsip prinsip dasar pembangunan Toilet, sudah terlengkapi adminitrasi nya, ” jelasnya.

"Memperhatikan bangunan Toilet tersebut, kita usulkan nanti 10 x 20 meter dengan luas kira 200 m2, sedangkan lahan yang ada tadi berkisar 400 m2, jadi sudah layak dan memenuhi standard, mudah mudahan tidak ada hambatan Toilet ini akan jadi dibangun tahun 2019 ini, demi mendukung perkembangan objek wisata Tongging, ” urainya.

Sementara itu, M. P Diana Dewi staf Balitbang Kementrian PUPR, mengaku lokasi yang ditinjau tadi sangat cocok dan menunjang parawisata. Karena alasan utama daerah lintasan, sudah sangat tepat.

"Untuk itu, kita tunggu surat permohonan Bupati Karo ke pusat, bersama kelengkapan adminitrasinya sebab tanah tersebut tanah desa, namun demikian saya tim salah satu turun kelapangan tetap akan membuat bahan masukan ke tim di Balitbang terkait bangunan Toilet , mengenai dana yang dibutuhkan, sementara saat ini saya belum bisa ungkapkan besaran dana bangunan Toilet ini, ” ucapnya.

"Sabar, nanti pasti kita kabari setelah saya bertolak ke Jakarta , akan kita kirim drafnya ke parawisata dan Bappeda, “ tandasnya. (Sangap.S/rls).

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER