• Follow Us On : 
Cerita Warga Terkait Abu Vulkanik Sinabung dan Imbauan Dansatgas Rianto Ginting warga Lingga Julu menunjukkan tanaman kopi miliknya yang terkena abu vulkanik gunung Sinabung, Rabu (8/5/2019). Foto:KS

Cerita Warga Terkait Abu Vulkanik Sinabung dan Imbauan Dansatgas

Rabu, 08 Mei 2019 - 21:04:05 WIB
Dibaca: 125 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Kurang lebih satu (1) tahun gunung Sinabung tidak menunjukkan aktifitas. Bahkan, kebanyakan warga Kabupaten Karo khususnya yang bermukiman di seputaran kaki Sinabung sudah mengira gunung Sinabung tersebut sudah tenang selama-lamanya 

Namun, ternyata, perkiraan masyarakat Kabupaten Karo salah perediksi.

Demikian katakan seorang warga Desa Lingga Julu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Propinsi yang bernama Rianto Ginting (45) kepada www.perunjuk7.com ditemui di kawasan perladangan wartel dan kopi miliknya, Rabu (8/7/2019).

"Semalam sekitar Pukul 07:48 WIB pagi, kami masyarakat Desa Lingga Julu ini sangat di kejutkan oleh gunung Sinabung itu. Karena abunya ke arah kami atau ke desa kami ini. Hampir 2 jam di guyur abu vulkanik. Makanya sudah putih semuanya ini," ungkapnya.

"Situasi gunung ini sudah hampir satu tahun tidak pernah lagi menunjukkan aktifitasnya seperti setahun yang lewat. Dulukan sudah terbiasa kita melihat dan di guyur abu vulkanik. Karena datangnya pun abu vulkanik itu sudah macam makan obat tiga kali sehari . Makanya, semalam kaget kali kami ketika melihat gunung itu erupsi lagi. Padahal sudah berharap kali kami khususnya masyarakat yang bermukiman di kaki sinabung karena harapan mereka sudah bisa balik ke desanya masing - masing walaupun sebagain sudah mendapatkan Huntap (Hunia Tetap), tapi walau pun begitu , yang namanya kampung kita sudah pasti kita kepingen melihatnya dengan kondisinya yang sekarang. Apalagi mereka dari masih kecil tinggal di desanya itu. Kalau desa kita ini, memang jauhnya dari puncak gunung Sinabung itu. Tapi asal erupsi, kita juga kena imbasnya. Macam abu inilah, kan abang tengok ini daun kopi kita sudah putih semua," beber Rianto seraya mengenakan masker.

Ditempat terpisah, Dansatgas Gunung Api Sinabung, Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, SE., ketika di konfirmasi www. petunjuk.com melalui via ponsel, mengatakan, "saya sebagai Dansatgas gunung Sinabung tetap mengimbau kepada masyarakat atau tamu wisata agar jangan memasuki ke zona merah yang sudah di tentukan, apa lagi mendekati ke aliran sungai Lau Borus , karena setuasi Gunung Sinabung masih berstatus awas atau di level 4.," imbau Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, SE.

"Jadi, saya himbau sekali lagi janganlah memasuki ke zona merah, " pintanya.

Pantauan www.petunjuk.com warga yang terkena dampak abu vulkanik tampak tengah sibuk menyapu rumahnya masing - masing lantaran sisa abu vulkanik semalam. Kemudian, sebagian para petani tengah membersihkan bekas abu di daun - daun tanamannya.


Laporan:KS




 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER