• Follow Us On : 
Saat Bantu Penyemprotan, Babinsa Jelaskan Penyakit Tanaman Jagung ke Petani di Desa Gunung Sertu Lukman sedang menyemprotkan cairan pencegah hama ke tanaman jagung milik Nirwan Br Sembiring di Desa Gunung, Kamis (2/5/2019). Foto:KS

Kabar Desa

Saat Bantu Penyemprotan, Babinsa Jelaskan Penyakit Tanaman Jagung ke Petani di Desa Gunung

Kamis, 02 Mei 2019 - 20:23:52 WIB
Dibaca: 1595 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 08/Tigabinanga kesatuan Kodim 0205/TK, Sertu Lukman, menjelaskan, sektor pertanian seakan tidak bisa lepas dari hama dan beberapa penyakit yang biasanya disebabkan oleh virus, bakteri atau cendawan yang sering mengganggu tanaman jagung.

Selain itu, lanjutnya, penyakit yang sering ditemukan pada tanaman jagung antara lain hawar daun, busuk pelepah, penyakit bulai, busuk tongkol, busuk batang, karat daun, bercak daun dan virus mosaik.

Sehingga, serangan penyakit pada tanaman jagung bisa menyebabkan kerugian bahkan gagal panen.

"Pengendalian penyakit tanaman jagung seharusnya juga dilakukan dengan cara teknis agar mengurangi biaya penggunaan pestisida kimia sekaligus mengurangi residu bahan kimia pada tanaman dan pengendalian itu diluar pengendalian fungisida kimia dan pestisida lainnya," terang Serda Lukman kepada www.petunjuk7.com, saat membantu kegiatan penyemprotan hama pada tanaman jagung di lahan milik petani yang bernama Nirwan Br Sembiring juga anggota Kelompok Tani ‘Pola ’di Desa Gunung, Kecamatan Tigabinanga Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Kamis (2/5/2019)

"Pendampingan ini sering saya lakukan, walau hanya secara orang perorang. Namun, dampaknya akan lebih baik bagi petani. Karena dapat lebih leluasa untuk saling tukar informasi tentang pertanian, khususnya tanaman jagung. Karena daerah Desa Gunung ini  memang banyak petani jagung dari pada petani padi,” ujar Sertu Lukman. (KS).



 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER