• Follow Us On : 
Longsor: Koramil 04/SE, Masyarakat dan BPBD Karo Bersihkan Tanah dan Bebatuan di Semangat Gunung Tampak anggota Koramil 04/SE tengah membersihkan tanah dan bebatuan akibat nerncana longsor yang terjadi di Desa Semangat Gunung pada Kamis lalu, Selasa (23/4/2019). Foto:KS

Longsor: Koramil 04/SE, Masyarakat dan BPBD Karo Bersihkan Tanah dan Bebatuan di Semangat Gunung

Selasa, 23 April 2019 - 18:36:06 WIB
Dibaca: 1772 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 04/Simpang Empat (SE bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo dan masyarakat membersihkankan tanah dan bebatuan yang menutupi jalan akibat bencana longsor yang terjadi di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, pada Kamis lalu, Selasa (23/4/2019).

Longsor tersebut tidak ada korban jiwa. Akan tetapi, kondisi akses jalan yang tertimbun tanah dan bebatuan membuat akses menuju ke kawasan itu lumpuh total dan mengganggu aktifitas perekonomian warga.

Memang, bencana tanah longsor tersebut terjadi karena kawasan Desa Semangat Gunung diguyur hujan deras yang intensitasnya cukup tinggi.

Sehingga mengakibatkan tanah yang berada di terbing pinggir jalan desa mengalami longsor yang menutupi akses jalan yang menghubungkan antara Desa Semangat Gunung menuju Kecamatan Merdeka.

Apalagi, jalan tersebut merupakan akses jalan yang lebih dekat ke Kecamatan Merdeka dan menuju ke lahan pertanian masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari- hari.

Lantas, mengetahui bencana longsor, Koramil 04/Simpang Empat Kapten Kav J Surbakti bersama anggota Koramil 04/SE kodim 0205/TK selaku Babinsa di wilayah tersebut selanjutnya melakukan koordinasi dengan perangkat desa setempat dan melaporkan kepada BPBD Kabupaten Karo, dengan harapan segera tindakan pembersihan material longsor dan bebatuan yang menutupi jalan.

"Sebelum bantuan alat berat dari BPBD datang, personil Koramil 04/SE Kodim 0205/TK bersama masyarakat hari itu juga bergerak untuk membersihkan tumpukan tanah yang menutup jalan dengan menggunakan peralatan seadanya. Mereka bersama-sama bahu membahu membersihkan tumpukan tanah dengan tujuan supaya jalan tersebut bisa segera di gunakan oleh masyarakat dalam beraktifitas," sebut Kapten Kav J Surbakti kepada www.petunjuk7.com.

Dijelaskannya, karenakan volume tanah saat longsor terbilang banyak, sampai saat ini pembersihan tanah masih dilakukan dengan menggunakan peralatan berat dari BPBD Karo dibantu masyarakat dan personil Koramil 04/SE Kodim 0205/TK.

"Menurut perkiraan, tebing di sepanjang jalan sekitar lokasi longsor  tanahnya sangat labil dan masih sangat rawan longsor apabila terjadi hujan deras lagi. Dan apabila jalan sudah bisa dilalui warga di imbau untuk tetap berhati-hati saat melewati jalan di sekitar daerah tersebut," pinta Kapten Kav J Surbakti.

Ditambahkan, Kapten Kav J Surbakti saat ini, pihaknya melalui Babinsa mengusulkan dan menghimbau kepada warga untuk melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon di lereng-lereng bebukitan.

"Sehingga harapannya pohon yang ditanam bisa menahan tanah apabila terjadi hujan deras lagi," papar Kapten Kav J Surbakti seraya menyampaikan,
melalui Kepala Desa, masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada anggota Koramil 04/SE dan BPBD Kabupaten Karo atas bantuan yang telah diberikan lantasn jalan yang tertutup tanah longsor dapat digunakan kembali oleh warganya.  (KS).





 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER