• Follow Us On : 
Bantu Penyemprotan Padi Petani di Batu Karang, Serda Wijaya: Butuh Teknik dan Strategi Perawatan Serda S Wijaya tengah menyemprot tanaman padi milik Kelompok Tani Lau Bentayan, Desa Batu Karang, Senin (25/3/2019). Foto:KS

Kabar Desa

Bantu Penyemprotan Padi Petani di Batu Karang, Serda Wijaya: Butuh Teknik dan Strategi Perawatan

Senin, 25 Maret 2019 - 13:25:17 WIB
Dibaca: 1488 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Guna mempertajam program upaya khusus (upsus) padi, jagung dan kedelai (pajale), Babinsa Koramil-05/Payung Serda S Wijaya, membantu penyemprotan pada tanaman padi serang yang masih berumur dua (2) dilahan seluas 4000 meter milik Kelompok Tani Lau Bentayan, Desa Batu Karang, Kcamatan Payung, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Senin (25/3/2019).

"Agar memperoleh hasil produksi gabah yang maksimal, harus di laksanakan teknik dan strategi khusus tentang cara perawatan yang benar. Apalagi ketika tanaman padi mulai diserang hama atau penyakit, diantaranya penyemprotan seperti yang kami lakukan saat ini dalam membantu petani. Hal tersebut bertujuan untuk memberantas hama pada tanaman padi, sehingga padi bisa tumbuh subur, optimal dan cepat berkembang." Demikian disampaikan Serda S Wijaya kepada www.petunjuk7.com di sela - sela kegiatan tersebut.

Dijelaskan Serda S Wijaya, waktu yang tepat untuk melaksanakan penyemprotan.

"Adalah pagi jam 08.00 atau sore jam 14.30 disaat mulut daun padi mulai terbuka, sehingga cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan, dengan demikian hama dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman." Paparnya.

Selain itu, tambah Serda S Wijaya, menyemprot tidak harus keseluruhan bagian tanaman.

"Selain membutuhkan biaya produksi yang cukup mahal dan memakan waktu relatif lama, agar bisa efektif dalam menyerap pestisida tanpa perlu membutuhkan dosis terlalu banyak, untuk bagian tanaman yang dimaksud adalah di bawah permukaan daun," tutup Babinsa, Koramil 05/Payung ini. (KS).





 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER