• Follow Us On : 
Babinsa Ajarkan Siswa/i SDN 040517 Barusjahe Wawasan Kebangsaan Foto:KS

Babinsa Ajarkan Siswa/i SDN 040517 Barusjahe Wawasan Kebangsaan

Kamis, 14 Maret 2019 - 17:33:45 WIB
Dibaca: 1618 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 01/BJ kesatuan Kodim 0205/TK, Serka M Harianta memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan bagi siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 040517 (SDN 040517) Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Kamis (14/3/2019).

Adapun Tujuan pengukuhan tersebut guna pemahaman wawasan kebangsaan yang dinilai sangat penting ditanamkan sejak dini kepada para pelajar selaku generasi muda bangsa yang merupakan kader-kader bangsa.

Kegiatan itu diawali dengan upacara bendera, kemudian Serka M Harianta bertindak sebagai pembina upacara.

Memang sebelumnya, memberikan gladi kepada para pelajar yang menjadi petugas upacara, baik komandan upacara maupun petugas pengibar bendera.Usai gladi upacara bendera, Serka M Harianta  memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan yang diikuti sekitar 50 orang siswa/i serta dihadiri Kepala SDN 040517 Tanti Nilawati  S.Pd dan para guru.

Serka M Harianta menyampaikan upacara bendera didalamnya terdapat ada penghormatan terhadap bendera Merah Putih yang merupakan simbol negara merupakan salah satu perwujudan dari cinta tanah air atau semangat kebangsaan.

"Dengan memberikan penghormatan kepada Bendera Merah Putih, berarti kita menghormati negara kita yaitu NKRI, sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus menghormati simbol-simbol negara," jelas Serka M Harianta kepada www.petunjuk7.com.

Pancasila dan UUD 1945

Selain Bendera Merah Putih, ada beberapa simbol negara yaitu Garuda Pancasila, lagu Kebangsaan Indonesia Raya, bahasa persatuan yang merupakan bahasa resmi negara yakni; bahasa Indonesia dan Istana Negara, tentang Pancasila dan UUD 1945 yang Disampaikan oleh Serka M Harianta.

Diakhir materinya, Serka M Hariata  kembali menegaskan tentang tujuan dari upacara bendera yaitu; untuk melatih kedisiplinan dan menanamkan jiwa nasionalisme. 

"Melalui upacara bendera, kita diajarkan untuk mengenang jasa para pahlawan dan mendo’akannya.   Dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat upacara bendera akan mengingatkan kita pada sejarah bangsa dan menanamkan jiwa patriotisme," sebut Serka M Harianta.

Untuk itu, Danramil 01/Barusjahe Kapten Inf K Ginting mengatakan,  dengan pemberian penyuluhan wawasan kebangsaan diharapkan para siswa/i mulai sejak dini memahami dan menerapkan kedisiplinan dan nilai-nilai luhur Pancasila dalam lingkungan sekolah, keluarga maupun di masyarakat.

“Melalui materi ini juga para siswa diajak untuk lebih mencintai tanah air dan memiliki semangat kebangsaan, dan itu semua merupakan bagian dari nilai-nilai pendidikan karakter," tandasnya. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER