• Follow Us On : 
Koramil 06/Munthe: Sertu Sarwan Jetor Lahan Petani Untuk Tanam Padi Tampak, Sertu Sarwan menggunakan jetor membajak lahan milik petani di Desa Munthe, Kamis (7/2/2019). Foto:KS

Koramil 06/Munthe: Sertu Sarwan Jetor Lahan Petani Untuk Tanam Padi

Kamis, 07 Februari 2019 - 20:18:28 WIB
Dibaca: 1609 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 06/Munthe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Sertu Sarwan membantu petani membajak sawah untuk menanam padi menggunakan alat mesin jetor diatas lahan seluas 1,2 hektare milik Firdaus Tarigan, Kamis (7/3/2019). Adapun jenis bibit  padi yang akan di tanam yaitu Ciherang, 

Demikian disampaikan Danramil Kapten Inf S Karo Sekali melalui Babinsa Desa Munthe Serma Sarwan kepada www.petunjuk7.com, Kamis (7/2/2019) terkait kegiatan tersebut.

Dikatakan Sertu Sarwan, pengolahan menggunakan traktor/jetor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan memasuki masa tanam.

"Karena dengan sistim traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur," tuturnya.

Dijelaskannya, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah, efeknya yaitu; gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus.

"Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air," terangnya.

"Pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman," paparnya.

Ditambahkannya, dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik.

"Dehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi, dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional," tutup Sertu Sarwan. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER