• Follow Us On : 
Sinabung Status Awas, Dansatgas: Jangan Sepelekan Ancaman Erupsi dan Awan Panas Dansatgas Erupsi Gunung Sinabung bersama tim memasang spanduk larangan memasuki kawasan zona merah di pintu masuk Danau Lau Kawar, Jumat (28/12/2018). Foto: KS.

Sinabung Status Awas, Dansatgas: Jangan Sepelekan Ancaman Erupsi dan Awan Panas

Jumat, 28 Desember 2018 - 20:46:18 WIB
Dibaca: 1626 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Dansatgas Erupsi Gunung Sinabung, Letkol Inf Taufik Rizal bersama Armen dari Vulkanologi, Danramil Simpang Empat, Kapten Inf J Surbakti, Camat Drs Dwikora Sitepu, Kapolsek Simpang Empat, Iptu Dedy Ginting, SH., kembali menghimbau dan mensosialisasikan memasuki memasuki kawasan zona merah di Danau Lau Kawar, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Jumat (28/12/2018).

Dansatgas yang juga Dandim 0205/TK mengingatkan warga melalui sejumlah kepala desa se-Kecamatan Namanteran bahwa, gunung api Sinabung jangan dispelekan.

Karena, tegasnya, sudah lebih 6 bulan tidak erupsi dan relatif tenang, tapi masih berstatus; awas, level IV.

“Jangan sepele. Seketika bisa terjadi erupsi dan dapat disertai awan panas. Kalau terjadi, bukan tidak mungkin banyak korban jiwa bergelimpangan tewas dan tidak tertolong. Para kepala desa diharapkan dapat melanjutkan sosialisasi larangan masuk zona merah ini langsung kepada masyarakatnya. Baik di lost desa, di pesta atau dalam pertemuan-pertemuan tertentu,” sebut Dansatgas kepada www.petunjuk7.com, Jumat (28/12/2018) saat memasang spanduk larangan memasuki zona merah di pintu masuk menuju ke Danau Lau Kawar, yang sebelumnya kawasan objek wisata.

Pihaknya terang Dansatgas hanya sebatas memberikan imbauan kepada masyarakat yang berada di kawasan zona merah.

"Kita hanya bisa mengimbau dan terus melakukan patroli larangan masuk ke kawasan zona merah. Terlebih ke danau Lau Kawar yang berjarak 3 km dari puncak Sinabung. Toh, untuk mencegah atau mengusir secara paksa tidak boleh masuk atau keluar dari kawasan Danau Lau Kawar tidak mungkin. Sementara Undang-undang yang memayungi peraturan, ini masih sebatas menghimbau, " tuturnya.

Usai memasang spanduk larangan, Dandim 0205/TK bersama tim, rombongan memgadakan juga patroli ke pinggir Danau Lau Kawar dan menemui sejumlah pengunjung yang berada disana, serta mengimbau; ancaman masuk ke kawasan zona merah.

" Kalau sewaktu-waktu erupsi disertai awan panas Sinabung bisa terjadi," tandas Dansatgas. (KS).

 

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER