• Follow Us On : 
Pemkab Karo Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Wapres RI Foto:KS/rls

Pemkab Karo Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Wapres RI

Kamis, 20 Desember 2018 - 19:36:03 WIB
Dibaca: 1357 kali 
Loading...

Petunjuk7.com -Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Kementerian PP dan PA) bekerjasama dengan Tim independen telah melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) tahun 2018 di Kementerian/Lembaga.

Kini, resmi ditetapkan kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi/kabupaten/kota penerima dan pemerintah provinsi/kabupaten/kota.

Ini Berdasarkan hasil evaluasi, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo salah satu penerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018.

Demikian dikatakan Terkelin Brahmana SH saat menerima penghargaan tersebut dari Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Jusuf Kalla, melalui Yohana Susana Yembise sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rabu (19/12) Pukul 10:00 WIB, di Istana Wapres RI , Jalan Merdeka Selatan, No.6 Jakarta Pusat.

Selain itu, Bupati Karo juga mengucapkan, terimakasih atas meraih penghargaan ini.

"Apa yang saya terima hari ini, semuanya tidak terlepas dari partisipasi dan dorongan lapisan masyarakat Kab. Karo bersinergi bersama lintas OPD Pemda Karo, dan dipenghujung akhir tahun 2018 kita wajib bangga dan bersyukur karena dapat kado dari Wapres RI yaitu penghargaan APE," sebut Bupati Karo Usai menerima penghargaan tersebut.

Disisi lain penghargaan APE hanya bisa diberikan kepada pemerintah daerah yang mampu menunjukkan komitmen tinggi dalam pelaksanaan strategi PUG.

"Namun yang terpenting bukan soal penghargaannya, tapi bagaimana penerapan strategi PUG ini mampu menjawab isu-isu kesenjangan Gender di wilayah Kab. Karo. Terlebih dinas Pemberdayaan Perempuan sebagai salah satu bentuk dalam menjawab isu Gender di masyarakat, sudah cukup banyak dilakukan berorientasi ," katanya didampingi Ketua TP. PKK Kab karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana, Kepala dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dr. Hartawati dan kepala Bappeda Karo Ir. Nasib Sianturi Msi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dr Hartawaty mengucapkan terimakasih kepada Bupati Karo telah hadir menerima penghargaan APE ini. Begitu juga dinas OPD terkait yang sudah ikut mendorong PUG sebagai tolak ukur kerjasama.

"Aa yang diimpikan selama ini akhirnya terwujud Pemda Karo diberikan penghargaan oleh Wapres RI yang barusan tadi diterima Bupati Karo," tdrang Hartawaty disela - sela ikut menyaksikan pemberian APE diruang Istana Negara Wapres .

Dilanjutkannya, APE adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah Daerah dalam upaya memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender melelui PUG.

"Dalam kesempatan ini, prestasi yang diraih Pemda Karo melalui dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan suatu kado atas kinerja yang kami capai selama ini, sehingga terpilih karena telah memenuhi syarat menerima penghargaan APE," tuturnya.

Harapan saya, untuk ditahun berikutnya, mari kita lebih bersinergi lagi dan saling peduli semua Organisasi Perangkat Daerah,(OPD), instansi dan LSM di Kabupaten Karo untuk bekerjasama berupaya mencapai tujuan yang lebih baik lagi, agar dapat menerima Penganugrahan Utama APE ditahun 2019," imbuhnya

Begitu juga dengan Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi selaku Ketua Pokja PUG di Kabupaten Karo menjelaskan, APE suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi dan kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

Dalam penilaian saat itu oleh tim pusat terkait APE ada kategori 7 (Tujuh) Komponen faktor yang diperhatikan yakni; komitmen, kebijakan, krlembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender, data gender, partisipasi masyarakat. (KS/rls).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER