• Follow Us On : 
Pesta Raja Silalahi Sabungan 2018,  Letjen (Pur) Sudi S: Melestarikan Budaya dan Jaga Danau Toba Foto bersama: Pemimpin Redaksi www.petunjuk7.com, Hartono Panggabean (kiri) bersama Letjen (Pur) Sudi Silalahi (kanan) di pesta Raja Silalaho Sabungan 2018, Minggu (18/11/2018).

Pesta Raja Silalahi Sabungan 2018, Letjen (Pur) Sudi S: Melestarikan Budaya dan Jaga Danau Toba

Rabu, 21 November 2018 - 12:57:23 WIB
Dibaca: 2930 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Sudi Silalahi mengatakan, terkait pesta partangiangan dan budaya luhutan bolon pomparan Raja Silalahi Sabungan Bolahan Amak Sondi Raja, supaya tetap dilestarikan.

"Melestarikan budaya kita, apalagi diketurunan Silalahi Sabungan, tradisi yang ada didalam poda (nasehat) sagu - sagu marlangan pesan nenek moyang kita itu sangat bagus," kata Sudi Silalahi kepada www.petunjuk7.com, Minggu (18/11/2018) saat menghadiri pesta tersebut di di kawasan makam dan tugu Raja Silalahi Sabungan, Desa Silalahi Nabolak, Kecamatan Silalahisabungan, Kabupaten Dairi, Propinsi Sumatra Utara.

Mantan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia  dari tahun 2009 - 2014 ini mengimbau, Himbauannya, supaya budaya ini selalu dipelihara terus dikembangkan dan dilestarikan.

"Yang positif harus dikembangkan namanya untuk pendidikan guna memajukan budaya kita," pinta Sudi Silalahi.

Danau Toba

Kawasan makam dan tugu Raja Silalahi memang berada di Danau Toba. Sudi Silalahi menilai ada kelemahan dalam merawat danau toba.

"Tentu karena masih banyak yang tradisional, tentu tidak mudah untuk merubah kepercayaan - kepercayaan tradisi yang sudah berakar itu, misalnya, contoh ya; banyaknya rumah membelakangi danau. Padahal danau itu indah. Kan lebih bagus rumah dibangun menghadap ke danau sehingga pemandangan lebih bagus. Dan kotoran - kotoran, maaf ya, tidak dijadikan tempat buang air dan sebagainya. Itu kan gk elok. Danau itu kan airnya bersih," sebutnya.

"Kalau kita hadapi lebih bagus. Bukan dibelakangi. Itu yang agak sulit kita merobah ke biasaan - kebiasaan itu," terang Sudi Silalahi.

Namun ditengan kelemahan ada kelebihan bagi Sudi Silalahi.

"Yah, kelihatan keinginan mereka untuk maju, untuk menjadikan daerah wisata, baik itu dalam negeri maupun mancanegara itu cukup bagus. Kita lihat banyak sekali pembangunan - pembangunan wisata, agro bisnis dan sebagainya, perikanan dan sebagainya. Saya kira sudah banyak," tuturnya.

Sudi Silalahi berharap dengan menjaga danau toba secara bersama - sama supaya semakin maju.

" Mudah - mudahan semakin kedepannya semakin maju," harap Sudi Silalahi. (Rij/Rsg).

Editor:Hap

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER