• Follow Us On : 
Bentuk Tim Reaksi Cepat, Dandim 0205/TK Gelar Rapat Penanganan Penanggulangan Bencana Foto:Sangap.S/rls

Bentuk Tim Reaksi Cepat, Dandim 0205/TK Gelar Rapat Penanganan Penanggulangan Bencana

Jumat, 09 November 2018 - 18:17:52 WIB
Dibaca: 1622 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Kabupaten Tanah Karo yang berada di wilatah dataran tinggi Propinsi Sumtera Utara dan juga sebagai daerah objek pariwisata. Untuk itu, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara S.E, disamping menangani erupsi gunung Sinabung, kini berinisiatif menggelar dan membentuk: Tim khusus reaksi cepat dalam penanggulangan bencana alam seperti; banjir dan longsor. 

Sehingga untuk merealisasikan kegiatan tersebut, pihak Kodim 0205/TK mengundang sejumlah para SKPD guna membahas pembentukan tim reaksi cepat tersebut, bertempat
di Makodim 0205/ TK, Kecamatan Berastagi, Jumat (9/10/2018).

Tentu, agar cepat terlaksana dan menggelar pelatihan simulasi, agar   bencana alam,  seperti banjir dan longsor cepat dapat ditangani dan mudah.

"Kegiatan ini untuk  mengorganisir  kesiapan dalam menghadapi longsor maupun banjir. Hal ini mengingat cuaca yang cukup ekstrem di Karo, karena geografis berada di daerah penggunungan dan jalan yang curam. Sehingga kita perlu tim cepat dalam penanganan itu dengan melibatkan semua pihak, " sebut Dandim 0205/TK.

Adapun langkah kedepannya, lanjut Dandim, 0205/TK akan terus  berkoordinasi dengan pemerintah terkait, para SKPD dan stakeholder lainnya.

"Dengan terbentuknya tim ini, masing - masing pihak sudah tau dan memahami apa yang akan di lakukan ketika bencana itu datang, jadi semua pihak harus terlibat supaya kita tidak gagal dalam penanganannya," tuturnya.

Inisiatif tersebut diapresiasi oleh Kepala BPBD Kabupaten Karo, Ir Martin Sitepu melalui Kabid Logistik, Natanail Perangin Angin, dan diyakini  ide tersebut akan membantu pihak Pemerintah Kabupaten Karo dalam menangani bencana setiap bencana. 

"Inisiatif ini sangat kita dukung penuh  dengan menggunakan setiap potensi potensi yang ada pada kita. Karena dengan tim ini, juga akan mengatasi setiap bencana yang ada dengan cepat dan mudah. Kita sangat apresiasi ide cemerlang pak Dandim, " kata Kepala BPBD Kabupaten Karo, Ir Martin Sitepu melalui Kabid Logistik, Natanail Perangin Angin.

Diterangkannya Nail, seperti diketahui, potensi bencana di Kabupaten Karo cukup tinggi khususnya banjir dan longsor.

Untuk mengantisipasi ini semua, katanya, harus melibatkan semua stakeholder yang ada," tetap kita berkoordinasi terhadap semua stakeholder, baik TNI, Polri dalam mengantisipasi disaat bencana datang supaya kehidupan masyarakat tetap berjalan dan roda perekonomian tidak terganggu, "pungkasnya. 

Turut dihadiri dalam kegiatan itu, Eselon I, Suang Karo - karo, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel,  Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu  , Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba , sekretaris BPBD Natanail Prangin Angin, Kepala Kesbang Kabupaten Karo, Tetap Ginting dan seluruh jajaran Kodim 0205 TK. (Sangap.S)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER