• Follow Us On : 
Potret HUT Pekanbaru ke 234: Dari Metropolitan, Jadi Smart City Menuju Masyakat Madani

Potret HUT Pekanbaru ke 234: Dari Metropolitan, Jadi Smart City Menuju Masyakat Madani

Selasa, 26 Juni 2018 - 19:56:44 WIB
Dibaca: 500 kali 
Loading...

Pembangunan Kota Pekanbaru semakin pesat. Apalagi di usia 234 tahun ini. Tampak, geliat di semua sektor semakin dibenahi. Tak lain, tentang pelayanan (prima) kepada masyarakat.


Petunjuk7.com - Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT memimpin langsung upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru yang ke 234, Senin (25/6).
Tampak hadir pada tamu dan undangan lainnya, yakni; para Tokoh Agama, unsur Forkompinda, Konsulat Malaysia, para Tokoh Masyarakat, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerinrah Kota Pekanbaru, para Camat Lurah, serta seluruh Satker OPD Pemerintah Kota Pekanbaru, beserta undangan lainnya yang ikut memeriahkan jalannya upacara yang sangat istimewa dan spesial buat seluruh masyarakat Kota Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,ST,MT., mengucap stukur atas terlaksananya HUT Kota Pekanbaru yang ke 234 berjalan dengan lancar.

” Alhamdulillah, jalannya upacara Senin pagi ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, meskipun tadi malam turun hujan lebat, angin kencang disertai dengan petir, walaupun sempat tertunda. Namun Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar," sebu Walikota Pekanbaru ini.

Memang antusias masyarakat sangat senang dan gembira menyambut tahniah hari jadi Pekanbaru ini yang sudah masuk usia yang ke-234 di tahun 2018 ini.

Tentu, hal ini merupakan persembahan dari Pemerintah Kota Pekanbaru kepada Masyarakat Pekanbaru dan para ASN dalam meningkatkan pelayanan kepada masyatakat.

"Semoga komplek perkantoran ini akan aktif secara penuh pada tahun 2019. Insya Allah awal 2019 kantor ini akan berjalan, dan kantor yang ada di Jalan Jenderal Sudirman nantinya akan kita jadikan Mall Pelayanan Publik khusus untuk pelayanan Perizinan dan Non Perizinan se-Kota Pekanbaru. Pencapaian kita semua diatas target termasuk penggunaan IT," tuturnya.

Selain itu, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan Smart Madani Card merupakan kartu yang terdepan di Indonesia saat ini karena dengan 3 fungsi : Sebagai Pelayanan, Tabungan dan sebagai Money Electronic.

Artinya program pusat tadi Gemar menabung, Pelayanan dan uang elektronik. ini lahir dari Pemko Pekanbaru dan BI kemudian aplikasi ini, untuk membaca kartu ini dibuat oleh anak-anak Pemko dari OPD Kominfo Kota Pekanbaru.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman yang telah berinovasi dan melahirkan karya-karya baru guna memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Pekanbaru," papar Firdaus.

Setelah cuti kami lebih kurang 4 bulan lebih, dan hari ini Alhamdulillah kami aktif kembali. Saat ini, dalam rangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pekanbaru ke-234 ini panjang sekali. Namun bagi kami hari jadi ke-234 ini merupakan bagi kami hari yang sangat spesial. adalah awal dari kebangkitan dari Pekanbaru untuk pembangunan Kota dari 200 tahun lalu, yang dulu merupakan kampung pekan dan selanjutnya sampai saat ini jadi Pekanbaru," ulas Firdaus.

Diterangkan Firdaus, 5 tahun yang lalu Kota Pekanbaru jadi Kota besar, lalu melangkah menjadi Kota Metropolitan menjadi Smart City menuju masyarakat Madani.

"Lebih kurang 6 tahun kami memberikan pelayanan untuk masyarakat di Kota Pekanbaru senantiasa kita jadi mitra serta memberikan edukasi kepada masyarakat," tutur Firdaus.

Memberikan informasi yang positif, edukasi kepada masyarakat sehingga kita mampu melakukan pembangunan secara baik.

Menurut Firdaus, informasi sangatlah berperan pentimg sekali dalam pembangunan.

"Alhamdulilah sudah lebih kurang 6 tahun kita menjadi mitra dalam hal mencerdaskan anak bangsa, saya rasakan sangat baik sehingga pembangunan Kota Besar, Kota Metropolitan ke Smart City menuju masyarakat yang madani dapat terwujud dan lancar," jelasnya.

"Kalau kita hitung dari Periode pertama dan kedua, banyak kemajuan-kemajuan yang dapat kita capai dan itu tidak hanya bagi masyaralat Kota Pekanbaru saja. Pemikiran, gagasan menjadikan inspirasi bagi pembangunan bukan saja di Riau namun juga bagi Nusantara," terangnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu yang lalu Walikota Pekanbaru mendapat penghargaan sebagai kepala daerah yang Visioner, yang di taja oleh Kementerian Dalam Negeri serta dari berbagai Media khususnya group MNC. Dari 500 kepala daerah yang diundang hanya 20 orang dan dari 20 orang.

" Alhamdulillah Walikota Pekanbaru dapat penghargaan yakni: Sang Visioner," bangga Firdaus.

"Kemudian kita juga mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat yakni : sebagai tokoh Inspiratif Nasional, maksudnya apa yang kita lakukan, Inovasi menjadi refensi Pemerintah Pusat untuk di kembangkan di daerah-daerah yang ada di Indonesia," ungkapnya.

Sebuah pendekatan pembangunan Kota cerdas Smart City, konsep pembangunan Kota cerdas dan gagasan serta Implentasi yang diterapkan.

"Itu sudah kita lakukan. Malah jauh jadi Epan dari Kota-kota lain di Indonesia termasuk juga di Kementerian teknis termasuk juga Kemendagri khususnya bidang otonomi daerah," ungkap Firdaus.

Sehingga setelah kepala daerah memberikan memberikan pemaparan dihadapan panelis yang di bentuk oleh Pemerintah pusat melalui bidang otonomi daerah.

"Maka visi misi kita khususnya membangun Kota cerdas itu di jadikan sebagai referensi oleh Pemerintah pusat, Kemendagri untuk membuat petunjuk teknis yang di keluarkan melelui regulasi Peraturan Presiden," paparnya.

Ditambahkannya, kemudian pada bulan lalu Pekanbaru di berikan Penghargaan sebagai Kota Terbaik di Indonesia dalam Hal Pelayanan Perizinan, melalui 5 tahapan.

"Maka Badan pelayanan satu pintu, penanaman modal Kota Pekanbaru keluar sebagai yang terbaik se-Indonesia. Kita juga di jadikan Rool Model untuk Nasional," tutup Walikota Pekanbaru ini.

Terima Kasih Rekan Media...

Di kediaman Wali kota Pekanbaru, H.Firdaus, ST MT mengadakan jumpa pers dalam rangka menyambut HUT ibu kota Provinsi Bumi Lancang Kuning ini. Dengan diawali kalimat pengucapan bangga atas usia kota Pekanbaru sekarang, beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan awak media yang telah banyak membantu masyarakat dalam memperoleh informasi-informasi yang faktual dan kontras seputar Pekanbaru.

"Sebagai pewarta, suatu berita yang di ekspos bisa membuat yang buruk menjadi baik, yang baik menjadi lebih baik, atau yang baik menjadi buruk. Disitulah masyarakat harus bisa menyaring Pekanbaru sebagaimana dijuluki masyarakat Madani" tambahnya.

Dalam kurun waktu 6 tahun, Walikota Pekanbaru Bapak Firdaus, telah berupaya dalam pelayanan meningkatkan pendidikan ditengah-tengah masyarakat dan pengembangan pembangunan kota Pekanbaru.

 

 

Di tahun ini, banyak sekali masyarakat kota Pekanbaru mendapati hadiah spesial berupa kemajuan yang telah dicapai dengan baik. Diantaranya adalah inovasi-inovasi yang bisa dilihat oleh Riau daratan khususnya hingga Nusantara, serta pencapaian berbagai penghargaan yang diterima berupa: Gelar Visioner oleh Walikota Pekanbaru, Kepala Daerah Inspirator hingga pencapaian penghargaan sebagai kota dalam pelayanan pemberian perizinan terbaik se-indonesia.

Tidak hanya dalam inovasi, masyarakat kota Pekanbaru juga dapat merasakan kerja nyata Pemko Pekanbaru dalam bidang pembangunan, seperti Pembangunan Fly Over dan Gedung Perkantoran baru di daerah Tenayan raya.

"Maka dari itu, di usia Dewa kota Pekanbaru yang sama sama kita cintai ini, mari kita bersama-sama mewujudkan mimpi kota ini menjadi Pekanbaru Smart City menuju Masyarakat Madani dengan selalu mendukung dan menjalan kebijakan kebijakan Pemko untuk kesejahteraan bersama, tahniah kota Pekanbaru" tutupnya. (Rudi.Hermansyah/Kominfo/Adve).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER