• Follow Us On : 
Budaya Petang Megang: Ratusan Warga Lomba Menangkap Ikan di Sungai Sibam Sekdako Pekanbaru (baju batik) memberi jempol kepada masyarakat usai melepas ikan pada acara lomba menangkap ikan di Sungai Sibam, Minggu (13/5). Foto:Hap

Budaya Petang Megang: Ratusan Warga Lomba Menangkap Ikan di Sungai Sibam

Rabu, 16 Mei 2018 - 08:27:12 WIB
Dibaca: 2627 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Ratusan warga menangkap ikan di sungai Sibam, Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru pada acara Petang Megang atau Potang Balimau, bertempat Fasum BSD Jalan Perumahan Beringin RT02/RW04, Minggu sore (13/5).

Acara tersebut tampak dihadiri oleh Lurah Sungai Sibam, Lurah Tampan, Camat Payung Sekaki, Sekertaris Camat Payung Sekaki, Ketua OMS Payung Sekaki, Ketua LPM Sungai Sibam, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan Sekertaris Daerah Kota (Sekdako)Pekanbaru, H.Muhammad Noer.

Tampak Sekdako Pekanbaru melepas ikan yang sebelumnya berisi didalam lima (5) ember warna putih yang khusus didatangkan dari Kecamatan Tiga Belas Koto Kampar, Kabupaten Kampar kedalam aliran sungai Sibam.

Saat akan dilepas ke aliran Sungai Sibam, ratusan warga tampak tengah bersiap untuk menangkap ikan. Apalagi aksi yang menegangkan itu ketika menghitung angka satu, dua dan tiga; ikan dilepas Sekdako Pekanbaru.

Warga yang terdiri dari: Anak - anak, orang tua, para remaja dan dewasa langsung berebut menangkap ikan didalam aliran sungai Sibam. Tentu pemandangan ini menjadi menarik, sebab siapa saja yang menyaksikan akan terhibur.

Bayangkan, reaksi warga saat menangkap ikan yang jumlahnya ratusan orang, apabila disaksikan akan mengundang tawa karena aksi warga menangkap ikan saling berebut.

Itu terlihat ketika ratusan warga yang menangkap ikan memiliki cara unik kala menangkap ikan. Sebab, warga Kelurahan sungai Sibam yang umumnya bukan bekerja sebagai nelayan kini ikut menangkap ikan didalam aliaran sungai. Yah, menarik...

Begitulah suasa sore kala itu di Perumahan BSD, Kelurahan Sungai Sibam tempat aliran sungai Sibam mengalir mengarah ke sungai Siak.

" Ikan ini khusus kita datangkan dari Kampar. Biayanya mencapai 8 juta jumlah ikannnya sekitar 1500 ekor," ungkap Lurah Sungai Sibam, Lukman Hakim kepada www.petunjuk7.com usai acara pelepasan ikan.

Lukman menjelaskan, sebelum acara pelepasan ikan, pihaknya mengadakan jalan santai yang dihadiri oleh 80ribu warga Sungai Sibam.

Selain itu, terang Lukman Hakim, usai gerak jalan santai, berbagai kegiatan diadakan termasuk; pengukuhan RT/RW, LPM, LKM, UEK-SP se- Kelurahan Sungai Sibam, Petang Megang, lomba menangkap ikan, dan door price.

"Kami meminta supaya sungai Sibam diperlebar tiga meter. Dan berharap acara ini menjadi acara tahunan yang rutin diadakan," pintanya.


Pengukuhan...

Sebelum acara lomba menangkap ikan, acara di Kelurahan Sungai Sibam digelar pengukuhan perangkat Ketua RT/RW LPM, LKM, UEK-SP se- Kelurahan Sungai Sibam.

Satu persatu para perangkat yang akan dikukuhkan. Tampak, Lurah Sungai Sibam membacakan Surat Keputusan tentang acara pengukuhan.

Menurut Lurah Sungai Sibam, Lukman Hakim dalam kata sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Sekdako Pekanbaru, Camat Payung Sekaki, Sekertaris Camat Payung Sekaki, Bhabinkamtibmas, Sungai Sibam dan tamu undangan lainya.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar - sebasarnya kepada semua pihak yang turut menyukseskan acara ini. Termasuk kepada Ketua Panitia," sebutnya.

Lukman menerangkan, saat ini ia sudah menjalankan tugas selama satu tahun tiga bulan.

"Acara petang megang ini sudah di SK kan menjadi Potang Balimau. Terima kasih kepada bapak Sekdako Pekanbaru. Kami berharap acara petang megang ini me jadi acara tahunan," tuturnya.

Lukman berharap acara petang megang akan dijadikan iven tahunan.

"Tahun kedan akan kita besarkan acara petang megang. Sehingga kita semangat lagi," ketusnya disambut tepuk tangan para tamu yang hadir.

Sedangkan, Camat Payung Sekaki Zarman Candra, mengatakan,"semoga dengan acara ini kita bersama - sama membangun Kota Pekabaru," sebutnya dalam kata sambutan.

"Semoga puasa tahun ini semakin menambah amalan," imbaunya.

Sekdako Pekanbaru H.Muhammad Noer menyampaikan supaya para Ketua RT/RW bekerja dengan baik turut membantu kinerja Kelurahan Sungai Sibam.

Terkait dengan Petang Megang, Sekdako menyambut baik dengan diadakan acara tersebut.

"Saya berharap ini dijadikan acara tahunan. Dan menjadi iven tahunan. Terima kasih buat bapak Lukman Hakim atas terselenggarabya acara ini," sanjungnya.

Usai acara pengukuhan, ditampilkan dengan door price yang hadianya ada sepeda, kulkas, kipas angin dan lain - lain. Tampak, Sekko Pekanbaru ikut memanggil nomor undian kepada para peserta yang mendapat hadiah dan menyerahkan door price tersebut. (Hap).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER