• Follow Us On : 
Dua Buron, Begini Aksi Empat Pelaku Jambret di Pekanbaru yang Tergetnya Perempuan Foto:Tribunpekanbaru.com

Dua Buron, Begini Aksi Empat Pelaku Jambret di Pekanbaru yang Tergetnya Perempuan

Rabu, 11 April 2018 - 15:40:37 WIB
Dibaca: 2102 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Empat (4) orang sekawan yang merupakan komplotan pencurian dengan kekerasan (curas) modus jambret digulung Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya. Mereka masing-masing berinisial FI, HDS, RW, dan juga IS.

Setidaknya, mereka sudah beraksi sebanyak 25 kali di sejumlah titik di Pekanbaru. Diantaranya di wilayah Tenayan Raya, Bukit Raya, Lima Puluh, dan Pekanbaru Kota.

Kapolsek Tenayan Raya Kompol Rahmadani melalui Kanit Reskrim Ipda Budi Winarko saat kegiatan ekspos kasus, Rabu (11/4/2018) menuturkan, para komplotan jambret ini rata-rata sasaran aksinya adalah kaum hawa.

"Mereka (pelaku) mengincar barang bawaan korban yang merupakan wanita. Apakah HP yang sedang dipegang, diletakkan di dashboard sepeda motor, lalu tas, hingga emas yang sedang dipakai," ujarnya.

Modus operandinya kata Budi, adalah dengan mengintai dan membuntuti calon mangsanya.

Kemudian, begitu korban berada di jalan yang sepi, pelaku langsung memepet korbannya dari sebelah kiri dan kemudian merampas barang berharga korban.

"Mereka bagi-bagi tugas. Ada yang jadi pilot (mengendarai sepeda motor), dan ada yang menjadi pemetik (mengambil barang korban). Rata-rata satu TKP dilakukan dua orang pelaku," beber Budi.

Diterangkanya, untuk meringkus keempat pelaku ini, pihaknya melakukan penyelidikan terlebih dahulu selama satu bulan.

Yakni untuk melengkapi alat bukti dan saksi-saksi yang cukup untuk menjerat para pelaku. Tepatnya pada Kamis (5/4/2018), Tim Opsnal Polsek Tenayan Raya pun bergerak untuk melakukan penangkapan.

"Sekitar Pukul 19:00 WIB, kita lakukan penggerebekan dan penangkapan terhadap dua orang pelaku, tepatnya di sebuah rumah di jalan Pinang Merah, Kecamatan Tenayan Raya. Mereka adalah HDS dan IS," papar Kanit Reskrim.

Lanjutnya, dari sana, petugas pun melakukan pengembangan guna menangkap pelaku lainnya.
Pada keesokan harinya, Jumat (6/4/2018) Pukul 01:00 WIB, petugas kembali berhasil menangkap satu pelaku lainnya, yakni FI. Saat itu dirinya tengah berada di sebuah tempat hiburan malam di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Tak lama berselang, sekitar pukul 14.00 WIB di hari yang sama, hasil pengembangan petugas, satu pelaku lagi yaitu RW juga berhasil dibekuk.
RW saat itu ditangkap saat tengah menjalani kegiatan pelatihan security di Jalan Taskurun, Pekanbaru.

Selain keempat pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti, seperti HP hasil jambret, sepeda motor yang digunakan untuk beraksi, dan lainnya.

Ditambahkan Kanit Reskrim, pihaknya kini masih memburu keberadaan dua pelaku lainnya yang juga merupakan bagian dari komplotan ini.

"Kita masih mencari dua orang lagi, yakni masing-masing berinisial BC dan DK," tutup Budi.

Sumber:Tribunpekanbaru.com



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER