• Follow Us On : 
Ternyata Layang-Layang Pertama Dibuat dari Daun Foto:Republika.co.

Ternyata Layang-Layang Pertama Dibuat dari Daun

Senin, 09 April 2018 - 10:12:02 WIB
Dibaca: 2435 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Siapa yang tak kenal layang-layang? Permainan tradisional ini terbilang sangat sederhana untuk dimainkan. Bermodalkan selembar kertas tipis, benang, dan kayu tipis, sesorang dapat membuat layang-layang.

Diketahui pertama kali layang-layang dikenal oleh masyarakat Pulau Muna Sulawesi Tenggara. Layang-layang pada awalnya dibuat dari dedaunan kering yang dijahit menggunakan bambu halus dan biasanya berbentuk berlian atau diamond.

Daun-daun yang digunakan biasanya adalah daun dadap, daun lontar, atau daun pisang. Daun dibentuk sesuai dengan ciri khas wilayah masing-masing.

Penggunaan layang-layang juga tidak hanya untuk permainan. Di berbagai tempat, layang-layang berhubungan erat dengan ritual keagamaan, khususnya di wilayah Asia.

Contohnya Jepang, layang-layang merupakan sebuah tanda sebagai hari kelahiran anak laki-laki, sedangkan di Malaysia dan Korea dipergunakan untuk mengusir roh jahat.

Di Indonesia tepatnya di Banyuwangi, Jawa Timur, layang-layang dipergunakan sebagai bentuk syukur saat musim panen padi berlangsung. Biasanya ditaruh padi di bagian kepala layang-layang.

"Yang ini layangan dari Banyuwangi, untuk syukuran habis panen padi, nah ada padinya di situ", jelas Asep, pengurus Museum Layang-Layang sambil menunjuk bagian kepala layang-layang.

Seiring perkembangan zaman, layang-layang sudah berubah fungsi menjadi sarana kreativitas. Layang-layang yang awalnya hanya terbuat dari dedaunan kering, kini lebih berwarna dengan bentuk yang bervariatif.

Sumber:Republika.co



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER